FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dengan Reseller

5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dengan Reseller

Tips sukses membangun bisnis dengan reseller
Sebagai seorang pebisnis, Anda pasti ingin sekali mengetahui rahasia dibalik cara untuk menjual produk lebih banyak, meningkatkan profit serta mempercepat pengembangan bisnis Anda tanpa banyak menyita waktu, benar tidak?

Salah satu rahasianya adalah Anda harus memiliki reseller, yaitu orang-orang yang mau kembali menjual produk Anda. Semakin banyak reseller yang Anda miliki, maka akan semakin memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan mencapai target yang Anda inginkan.

Namun, kenyataannya banyak yang sudah memiliki reseller tapi tetap tidak bisa untuk mencapai target bahkan gagal dalam menjalankan bisnisnya, kenapa bisa? karena mereka tidak paham bagaimana cara membangun bisnis dengan reseller. Berikut ini adalah 5 tips sukses menjalankan bisnis dengan para reseller. 


1. Tentukan harga untuk reseller

Salah satu faktor penyebab gagalnya bisnis dengan para reseller adalah mereka lupa untuk menentukan harga jual kepada reseller. Menentukan dan menetapkan harga jual sangat penting, hal ini dilakukan agar tidak terjadi persaingan harga antara Anda dengan reseller. Jadi, reseller tidak boleh menjual lebih murah dari harga jual yang Anda tawarkan. 

Karena bila terjadi persaingan harga, maka reseller yang Anda miliki secara tidak langsung bisa menjadi saingan Anda dan pada akhirnya malah merugikan penjualan Anda.


Anda harus menentukan harga jual terendah (HET) untuk reseller, cara ini juga agar tidak terjadi perang harga antar sesama reseller, sehingga harga produk Anda di pasaran tetap stabil. Berikan sangsi bagi reseller yang bandel jika menjual dengan harga dibawah harga yang telah ditentukan.


2. Tahu bagaimana cara menawarkan produk kepada reseller dan buyer

Banyak dari pebisnis memiliki produk yang potesial untuk dijual namun tidak mengetahui bagaimana cara menawarkan produk tersebut kepada reseller dan juga buyer.

Sebelum menawarkan produk, Anda harus memiliki personal branding yang kuat terlebih dahulu, jadi reseller ataupun buyer akan lebih percaya dan tertarik untuk menjual produk Anda. Lalu disaat Anda menawarkan produk kepada mereka, jangan lupa untuk memberi tahu keuntungan-keuntungan apa yang akan didapatkan bila mereka menjadi reseller Anda, misalnya seperti katalog produk, bonus yang akan didapat, dan lain-lain.



3. Bina dengan baik para reseller Anda

Banyak dari reseller yang mengeluhkan kalau mereka tidak mengerti cara untuk menawarkan dan menjual produk, oleh karena itu penting sekali bagi Anda para pebisnis untuk melakukan pembinaan yang baik kepada mereka. Seperti contohnya,  jika mereka tidak mengerti untuk menjual produk kepada kaum millenial, Anda bisa mengajarkan cara menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, Youtube Ads dan juga Google Ads sebagai salah satu media yang dapat mereka gunakan. 

Dengan kata lain Anda harus mengetahui seberapa banyak pengetahuan reseller mengenai cara menawarkan dan menjual produk tersebut. Jika Anda memberikan pembinaan secara tepat maka reseller akan bekerja secara produktif, sehingga Anda dan reseller akan menjadi tim yang solid dan berhasil dalam melakukan penjualan produk. 



4. Buat "wadah" komunikasi dengan para reseller

Kurangnya membangun komunikasi dengan mereka adalah salah satu faktor penyebab gagalnya membangun bisnis dengan reseller. Anda harus menyediakan wadah untuk melakukan komunikasi dua arah antara Anda dengan reseller. Anda wajib memiliki sebuah grup komunikasi seperti grup Facebook, grup Whatsapp, grup Telegram, dan lain-lain atau Anda juga bisa menjadikan sosial media sebagai wadah untuk berkomunikasi.

Ingat Anda juga harus menjadi pendengar yang baik untuk para reseller Anda, Anda juga harus menerima saran dan kritikan dari mereka. Berikanlah pelayanan yang terbaik dan maksimal untuk para reseller Anda. 



5. Berikan apresiasi untuk reseller yang mencapai target.

Memberikan sebuah reward kepada reseller yang mencapai target penjualan adalah cara yang efektif meningkatkan loyalitas para reseller.

Reward sangat berarti bagi mereka, karena dengan adanya penghargaan berarti Anda menghargai hasil kerja keras mereka. Anda bisa memberikan reward berupa uang tunai, tiket liburan, makanan, hadiah di hari raya dan lain-lain.

Semua itu bisa Anda gunakan sebagai ucapan terima kasih kepada mereka yang sudah membantu Anda dalam mencapai target penjualan. Jika Anda melakukan apresiasi terhadap mereka, maka mereka akan berlomba-lomba dalam melakukan penjualan.

Bila Anda dapat membina para reseller dengan baik otomatis mereka akan setia dengan Anda, sehingga omset penjualan Anda akan meningkat.


Sumber : Elite Marketer

Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment