FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Perbedaan Utama Google Ads dengan Facebook Ads, Sudah Tahu?

Perbedaan utama fb ads dengan googla ads
Tahukah Anda apa perbedaan utama Google Ads dengan Facebook Ads?

Jika berbicara tentang Facebook Ads dan Google Ads, tentu kita tahu keduanya adalah sama-sama penyedia jasa periklanan secara online. Yang satu milik Facebook dan yang satu lagi milik Google, ini jelas.

Tapi tahukah Anda ternyata ada perbedaan mendasar dari keduanya?

Facebook Ads milik Facebook, sedangkan Google Ads milik Google. Heheee

Jika itu jawaban Anda memang tidak salah, tapi bukan itu maksud saya. Kalau itu semua orang juga tahu, maksud pertanyaan saya adalah bagaimana cara kerja sistem Facebook Ads dengan Google Ads dalam menggait target marketnya.

Perbedaan utamanya adalah : Google Ads, orang yang mencari iklan Anda, sedangkan di Facebook Ads, iklan produk Anda yang mendatangi orang.

Kebayang kan?

Perbandingan paling mencolok waktu ngiklan di Facebook dengan Google mungkin di cara atau metode delivery iklannya.

Facebook lebih "memaksakan" iklan kita muncul dihadapan target pasar, mau mereka butuh produknya atau tidak. Atau dengan kata lain iklannya cendrung menginterupsi.

Sedangkan Google, jika kita menggunakan search campaign, iklannya lebih kaya ngobrol ke penjual yang bisa diajak konsultasi.

Ini karena sebelum mengklik iklan, calon pembeli biasanya mencari dulu sesuatu di Google karena mungkin lagi ada sesuatu yang mau ditanya.



Lalu mana yang lebih bagus, FB Ads atau Google Ads?


Keduanya bagus menurut saya, tergantung konteks

Namun iklan Google akan lebih bagus digunakan pada produk yang mungkin banyak membutuhkan edukasi atau padat informasi, atau yang mungkin harga produknya agak lumayan mahal yang customer journey nya lebih agak panjang.

Karenanya leads atau prospek dari Google yang masuk ke kita cendrung lebih siap menerima produk kita atau diskusi nya sering lebih spesifik akan kebutuhan mereka akan produk tersebut.

Begini, ketika seseorang membuka Google dan mengetikan kata kunci tentang informasi yang mereka inginkan, artinya orang tersebut memang sedang membutuhkan informasi atau produk tersebut, betul?


Dan kemudian iklan muncul di halaman pencarian Google dengan kata kunci yang sesuai dengan yang mereka ketikan tadi, tentu potensi iklan tersebut dikunJungi olehnya akan lebih tinggi. Biasanya orang-orang ini sudah mulai tertarik dengan informasi atau produk tersebut, hanya saja mereka butuh informasi yang lebih lagi.

Nah, disitulah tugas Anda untuk memberikan informasi sedetail-detailnya mengenai produk Anda.

Sedangkan Facebook, iklan akan di share secara acak kepada orang-orang yang belum tentu kenal apalagi butuh informasi atau produk tersebut. Walaupun kita bisa mentarget usia, jenis kelamin, dan lainnya tetap saja kita tidak bisa memastikan orang-orang yang kita target tersebut benar-benar butuh produk tersebut atau tidak.

Iklan Facebook membutuhkan proses pendekatan dan pengenalan yang ekstra kepada target market. Buat mereka tahu terlebih dulu tentang produk Anda, baru kemudian dijualin. Istilahnya wara-wari, supaya target market Anda tahu dan buat mereka penasaran sehingga mau kepoin iklan Anda.


Nah, keduanya mempunyai sistem atau cara yang berbeda dalam membidik audiens, kan? Tapi bukan berarti yang satu jelek dan yang satu lagi lebih bagus. Keduanya bagus, tergantung konteksnya seperti apa.

Google Ads mungkin lebih cocok digunakan untuk produk yang membutuhkan banyak edukasi dan informasi, karena mereka yang mencari informasi di Google biasanya memang sudah mempunyai gambaran dan ketertarikan terhadap suatu produk, hanya saja mereka membutuhkan edukasi dan informasi yang lebih detail.

Facebook Ads mungkin lebih cocok digunakan untuk menjual produk yang ngetren atau yang orang banyak tahu, seperti gamis, kemeja, dll. Jika ingin mengiklankan produk yang masih baru, orang-orang belum banyak tahu apalagi harganya yang cukup mahal, maka FB Ads ini membutuhkan tahapan yang lebih ekstra lagi dalam menggait audiens.

Related Posts
Ady Kusanto
Seorang bloger yang hanya nulis diwaktu senggang

Related Posts

Post a Comment