FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

5 Tips SEO yang simple agar website Anda memiliki peringkat yang baik di Google

Tips seo yang sederhana untuk meningkatkan peringkat di google
Dalam mengelola website atau blog kita tidak boleh mengabaikan tentang SEO. Karena tanpa optimasi Seo yang baik, website kita akan sulit untuk bersaing dengan website yang lain agar bisa berada di halaman pertama google, sehingga potensi mendapatkan visitor semakin kecil.

Ya, orang yang mencari informasi di Google rata-rata hanya akan mengunjungi website yang ada di halaman pertama Google. Artinya jika website Anda berada di halaman dua, tiga, dan seterusnya akan berpotensi diabaikan oleh pengunjung.

Itulah pentingnya optimasi SEO pada website.

By The Way, sudah tahu kan apa itu SEO ?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa indonesia Optimisasi Mesin Pencari. Mesin pencari yang dimaksud disini tentu adalah Google.

Jadi Seo ini adalah sebuah upaya untuk mengoptimalkan sebuah website agar disukai oleh Google sehingga peringkat website akan meningkat di hasil pencarian.

Ada banyak teknik seo yang diajarkan oleh para pakar seo, mulai dari trik yang simple hingga yang kompleks. Tentu semua cara itu sudah diuji keakuratannya.

Pada artikel ini saya hanya akan mencoba memberikan Tips seo yang sederhana saja, karena memang saya bukan seorang pakar seo, saya hanya membagikan apa yang telah saya pelajari dan jika cara ini diterapkan dengan benar insyaAllah bermanfaat dan bisa meningkatkan peringkat website.

Berikut 5 Tips SEO yang simple agar website anda miliki peringkat yang baik di Google


1. Optimalkan Judul, url, dan deskripsi


Pertama buatlah judul yang mengandung kata kunci / keyword yang ingin ditarget. Dan Url juga harus terdapat kata kunci, untuk url usahakan jangan terlalu panjang maksimal lima kata.

Selanjutnya buat deskripsi penelusuran yang informatif dan menggambarkan isi artikel Anda. Dan jangan lupa sisipkan kata kunci pada deskripsi ini.

Misalkan Anda ingin membuat sebuah artikel tentang pakaian Gamis Syari dengan mentarget kata kunci Supplier Gamis Syari. Maka pastikan kata kunci tersebut ada di judul, di url, dan di deskripsi penelusuran.

Untuk judul Anda bisa menambahkan beberapa kata pelengkap di depan atau di belakang kata kunci.


2. Buat konten yang bermanfaat dan segar


Berikutnya konten Anda harus memberikan informasi yang bermanfaat, serta memberikan solusi terhadap suatu permasalahan yang dibahas. Artinya dalam satu artikel buatlah informasi selengkap mungkin sehingga pembaca tidak perlu mencari referensi yang lain.

Dan juga konten Anda harus segar. Artinya Anda harus membuat artikel-artikel yang membahas tentang hal-hal yang masih fresh, sesuatu yang baru.


3. Tinggkatkan kecepatan waktu loading website Anda


Selain dari sisi konten, Anda juga harus memperhatikan kecepatan loading website, karena hal ini juga menjadi salah satu faktor yang menjadi perhatian Google. 

Jika loading website Anda lambat maka pembaca akan meninggalkan website Anda dan mencari informasi dari website yang lain. Hal ini akan terdeteksi oleh Google dan website Anda akan dianggap tidak ramah terhadap pengunjung, sehingga bisa membuat peringkat website Anda akan turun di halaman pencarian google.


4. Pastikan website anda mobile friendly


Seperti yang kita tahu, saat ini penggunaan perangkat mobile sudah sangat tinggi. Orang lebih sering browsing menggunakan perangkat seluler ketimbang menggunakan komputer atau laptop.

Dan hal ini juga menjadi perhatian Google, bahkan saat ini Google sudah mulai memprioritaskan website dengan tampilan mobile friendly yang ditampilkan di halaman pertama pencarian google. Artinya jika website Anda tidak mobile friendly bisa saja peringkat website Anda akan turun.

Untuk membuat tampilan website Anda menjadi mobile friendly, Anda hanya membutuhkan template yang sudah didesain dengan tampilan mobile friendly. Untuk mendapatkan template seperti ini tidak sulit, karena hampir semua template yang dibuat saat ini sudah didesain untuk versi mobile.


5. Regitrasi website dengan Google webmaster tool


Setelah selesai optimasi konten, kecepatan loading, serta tampilan mobile, jangan lupa untuk medaftarkan website Anda di Google Webmaster dan Bing Webmaster. Cara ini supaya website Anda lebih mudah dan lebih cepat terindex oleh Google. Jika tidak maka website Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa terindex google.

Cara registrasinya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menambahkan domain website Anda di Google Webmaster dan membuat sitemap xml.

Nah itulah beberapa tips seo sederhana yang bisa saya share kali ini, semoga bermanfaat.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 komentar

  1. Sangat bermanfaat sekali artikel ini hu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. Terima kasih sdh berkunjung :)

      Hapus
  2. Makasih gan tips nya, sangat membantu.. Oya, kalo domain sdh di daftrkan di google webmaster apa perlu juga didaftarkan di bing gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak harus, tapi tetap perlu untuk memperluas jangkau pengindeks-an

      Hapus

Posting Komentar