FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima, 99% Berhasil

Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima, 99% Berhasil

Tips daftar google Adsense
Sebagai seorang blogger, mengaitkan blog dengan Google Adsense adalah suatu hal sangat diinginkan. Alasannya satu, yaitu dengan harapan bisa menghasilkan uang dari iklan yang tayang.

Google Adsense (GA) adalah sebuah layanan dari google yang disediakan khusus untuk para publisher yang ingin menampilkan iklan di blog mereka.

Namun sayangnya, mendaftarkan blog ke Google Adsense ini tidak semudah yang dibayangkan, banyak para blogger yang ditolak dengan berbagai alasan setelah google menjalani serangkaian peninjauan terhadap blog mereka. Apakah Anda mengalami hal ini?

Sebenarnya jika tahu trik nya kemungkinan diterima jauh lebih besar. Dan pastikan blog Anda tidak melanggar kebijakan Adsense.

Berikut 9 Tips Agar Blog Cepat Diterima Google Adsense

1. Gunakan Doman TLD Populer


Walaupun bukan sebuah keharusan, menggunakan domain TLD populer dapat membuat blog Anda menjadi lebih terkesan profesional. Sehingga Google akan melihat blog Anda adalah blog yang memang dikerjakan secara serius.

Beberapa rekomendasi Domain TDL populer yang bisa Anda gunakan seperti .COM, .NET, .ORG, .CO.ID dan .ID

Semua domain yang disebutkan di atas mempunyai popularitas yang tinggi, Anda bisa pilih salah satu sesuai selera saja. Jika ingin yang umum bisa gunakan domain .com.

2. Gunakan Template Responsif


Saat ini pengguna internet dengan handphone jauh lebih tinggi daripada pengguna desktop. Hal ini tentu juga menjadi perhatian Google, bahkan saat ini Google lebih merekomendasikan website atau blog dengan tampilan mobile friendly yang tampil di halaman pencarian google.

Nah, jika tampilan blog Anda tidak responsif bisa jadi google akan menganggap blog Anda belum layak. Jadi jangan abaikan hal ini, Pastikan blog Anda mempunyai tampilan yang mobile friendly.

Untuk membuat tampilan blog menjadi mobile friendly bukanlah hal yang sulit, Anda hanya perlu template yang sudah didesain responsif. Untuk mendapatkan template ini pun sangat mudah, karena hampir semua penyedia template saat ini sudah mendesain template nya menjadi responsif.

Beberapa rekomendasi template yang bisa Anda gunakan seperti : Viomagz, Igniplex, dan Blanter. Ketiga template ini sudah sangat baik.

3. Lengkapi Menu Navigasi Blog


Salah satu penyebab blog ditolak oleh Google Adsense adalah karena tidak ada menu navigasi pada blog tersebut. Navigasi dianggap penting oleh google karena dapat mempermudah para pengunjung mencari informasi yang ada pada blog.

Jika blog Anda tidak terdapat menu navigasi ini, maka akan dianggap google sebagai blog yang belum layak. Jadi segera lengkapi menu tersebut.

Menu navugasi yang perlu Anda buat seperti menu About Me, Privacy Policy, Disclaimer, Sitemap, dan Contact.

Untuk membuatnya Anda harus paham tentang HTML, jika tidak bisa sebaiknya gunakan template yang sudah menyediakan menu-menu tersebut, jadi tinggal menambahkan link saja.

4. Umur Blog Minimal 7 Hari


Umur blog bukan lah sebuah syarat yang mutlak, tapi bisa menjadi salah satu penentu cepat atau lambatnya diterima Google Adsense. Dari pengalaman saya dalam mendaftarkan blog ke Google Adsene adalah minimal 7 hari.

Blog saya yang pertama, di daftarkan saat blog berumur sekitar 2 bulan, dalam waktu 3 hari langsung diterima. Lalu saya daftarkan blog saya yang kedua saat berumur sekitar sebulan dan diterima sekitar sepuluh hari waktu peninjauan. Lalu saya coba lagi daftarkan blog yang masih berumur seminggu, dan diterima setelah dua minggu masa peninjauan Adsense.

Nah, dari situ ada kesimpulan bahwa umur blog juga menjadi faktor penentu diterima atau tidaknya oleh Google Adsense.

5. Minimal ada 7 Artikel dan Original


Untuk jumlah artikel Lagi-lagi hal ini juga bukan sebuah syarat yang mutlak karena memang tidak ada ketentuan dari google tentang jumlah artikel.

Dari pengalaman saya minimal 7 artikel dan yang paling penting artikel tersebut adalah hasil dari tulisan Anda sendiri. Kalaupun Anda mengutip dari sumber artikel lain, setidaknya Anda harus merubah kata-katanya agar tidak dianggap konten plagiat oleh google.

Konten original ini sangat penting karena menjadi salah satu syarat mutlak dari Google Adsense. Jika disaat google sedang memeriksa blog Anda, dan ternyata terdapat konten plagiat blog  Anda kemungkinan besar akan ditolak.

6. Hindari Konten Sensitif


Salah satu persyaratan dari Adsense adalah tidak diperbolehkan membuat konten sensitif seperti SARA, Asusila, dan lainnya. Hal ini wajib Anda turuti, jika di blog terdapat konten sensitif maka dipastikan akan ditolak oleh Google.

So, buatlah konten-konten yang bermanfaat seperti ilmu pengetahuan, tentang bisnis, atau tutorial yang isinya adalah manfaat.

7. Update Artikel Selama Peninjauan


Setelah blog didaftarkan ke Google Adsense jangan biarkan blog Anda tidak produktif, buatlah konten atau artikel-artikel baru supaya blog Anda tetap fresh, sehingga google akan menilai bahwa blog Anda memang blog yang sedang dikelola.

Jika tidak ada update artikel bisa saja google menganggap bahwa blog Anda sudah tidak diurus, apalagi jika blog yang masih baru, artikelnya masih sedikit, bisa-bisa langsung ditolak oleh google.

8. Tingkatkan Visitor Blog


Jika Anda mengerti dan ahli tentang SEO, maka gunakan lah keahlian itu untuk meningkatkan visitor atau pengunjung blog Anda. Jika Anda masih pemula dalam dunia blogging dan belum paham tentang Seo, maka bisa menggunakan cara Blog Walking untuk meningkatkan pengunjung blog.

Blog Walking (BW) ini adalah sebuah cara yang dilakukan oleh para blogger untuk meningkatkan pengunjung blog mereka. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan pengunjung blog Anda.

Caranya, yaitu saling mengunjungi antara sesama blogger. Untuk bisa melakukan blog walking ini Anda perlu bergabung ke dalam group komunitas blogger.

9. Daftarkan Blog ke Google Webmaster


Yang terakhir juga tak kalah penting, yaitu mendaftarkan blog Anda ke Google Webmaster. Cara ini dilakukan supaya blog Anda lebih mudah terindex oleh google.

Blog yang terindex oleh google mempunyai peluang yang lebih besar akan diterima oleh Google Adsense. Jadi, pastikan blog Anda sudah terdaftar di webmaster.

Cara mendaftarkan blog di Google Webmaster ini sangat mudah, Anda tinggal masuk ke halaman Google Webmaster (Search Console) lalu tambahkan domain blog pada bagian Add Property, dan buat sitemap pada menu Peta Situs.

Itulah beberapa tips agar blog lebih mudah diterima oleh Google Adsense. Cara tersebut sudah saya terapkan pada beberapa blog dan berhasil tanpa ada penolakan.

Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment