FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Mau Sukses Bisnis Online? Jangan Abaikan Teknik Marketing Jadul Yang Satu Ini

Mau sukses bisnis online? Gunakan cara ini
Bisnis online saat ini sudah semakin berkembang dengan sangat cepat. Bahkan hampir semua pelaku usaha sudah meng-online-kan bisnisnya. Mulai dari bisnis fashion, properti, hingga bisnis kuliner telah mempromosikan bisnis mereka secara online.

Dengan sistem online maka bisnis Anda akan mampu menjangkau lebih banyak pelanggan. Dimana saja berada mereka bisa mengakses bisnis Anda, artinya potensi meningkatnya penjualan produk Anda juga akan meningkat. Apalagi saat ini para konsumen sudah sangat terbiasa berbelanja secara online.

Tapi ternyata membangun bisnis online itu gampang gampang susah lho, membutuhkan edukasi yang lebih ekstra tentang bisnis Anda kepada customer.

Jika dengan bisnis offline, seperti toko misalkan, konsumen yang datang ke sebuah toko lalu memilih-milih produk dan saat ketemu yang cocok kemungkinan besar mereka akan langsung membeli. Nah, berbeda dengan bisnis online, customer online biasanya akan lebih berhati-hati. Mereka butuh informasi yang lebih kongkrit tentang bisnis Anda, tentang diri Anda, dan lainya yang bisa membuat mereka yakin.

Baca Juga : 4 Media terbaik untuk mengumpulkan database pelanggan

Biasanya para pebisnis online akan memperkenalkan tentang bisnis dan produk mereka terlebih dahulu kepada calon customer tanpa menjuali, artinya sekedar memperkenalkan saja. Selanjutnya mereka akan terus mengedukasi calon customer tentang manfaat dari produk mereka, sampai customer mulai sadar dengan manfaat produk Anda dan mulai penasaran, selanjutnya barulah mereka menjual dengan cara memberikan promo dan lainnya supaya customer mau mencoba produk mereka.

Cara seperti diatas tadi adalah cara yang sangat efektif untuk membangun awereness customer terhadap bisnis Anda. Dan cara inipun sudah dilakukan sejak dulu oleh para pebisnis dan masih tetap digunakan hingga saat ini.

Salah satu media yang paling efektif untuk menggunakan teknik tadi adalah Email. Ya, lebih tepatnya adalah email marketing. Teknik jadul yang tak pernah lekang oleh waktu.

Terbukti, brand-brand besar saat ini masih mengandalkan email sebagai salah satu media untuk mempromosikan bisnis mereka.


Kenapa harus Email Marketing ?


Mungkin anda bertanya, dari sekian banyak chanel promosi kenapa saya harus menggunkan email marketing ?

Begini, tahukah Anda bahwa email marketing adalah cara untuk marketing online dengan konversi paling tinggi di bandingkan dengan chanel lain.

Coba perhatikan data berikut ini. Data ini saya ambil dari Gigaom.com
Data digital marketing dari gigoam
Dari data di atas bisa kita simpulkan bahwa, email marketing masih mendapatkan predikat jenis digital marketing yang paling efektif dalam memasarkan produk.

Email marketing 56% lebih efektif di bandingkan jenis digital marketing lainnya dalam membuat pelanggan lebih setia, lebih sering beli dan beli nya lebih banyak.

Kemudian apa saja alasan yang membuat Anda harus mulai menggunakan email marketing!

Lebih Personal

Dengan Email marketing Anda bisa menyapa dengan Nama si pemilik email sehingga memiliki sifat yang lebih personal dengan customer. maka dengan begini Anda akan mendapatkan perhatian yang relative lebih besar dari para customer atau calon customer Anda

Mensegmentasi Pembeli

Hanya ada 2 cara agar Anda bisa berkomunikasi langsung dengan Customer Anda, yang pertama adalah email yang kedua adalah pixel. Selain dari ini data Anda akan bercampur.

Bercampur disini maksudnya adalah Anda tidak bisa membedakan siapa pembeli lama dan siapa pembeli baru.

Dengan Email Anda bisa mensegmentasi pembeli Anda lebih spesific sehingga bisa menghasilkan penjualan yg lebih tinggi.

Konversi Lebih Tinggi

Di bandingkan dengan Channel lain Email Marketing bisa menghasilkan konversi yang lebih tinggi terutama jika Anda membandingkan dengan Channel seperti SEO atau Media Sosial.

Email Marketing Hampir Tidak Berubah

Jika Anda mempelajari semua teknik marketing menggunakan email kemungkinan besar beberapa tahun lagi teknik tersebut tidak akan berubah , karena email cenderung stagnan dibandingkan dengan Media sosial yang algoritmanya sering berubah.

Dan masih banyak lagi alasan kenapa Anda harus menggunakan email marketing. :)

Nah, itulah salah satu teknik marketing dalam bisnis online yang sangat powerful. Jangan abaikan teknik email marketing ini.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment