FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
Inilah 4 Media Terbaik Untuk Mengumpulkan Database Pelanggan Bisnis Anda

Inilah 4 Media Terbaik Untuk Mengumpulkan Database Pelanggan Bisnis Anda

Media untuk menampung database pelanggan
Dalam berbisnis terutama dalam bisnis online kita tidak bisa mengabaikan konsumen atau calon konsumen begitu saja.

Misalkan saat jualan, dan ada pembeli yang membeli produk ke kita, setelah selesai transaksi dan barang dikirimkan, kita sebagai pembeli seolah cuek dan tidak mau membangun interaksi dengan konsumen. Ini tidak benar, bangunlah interaksi dengan mereka sehingga mereka merasa lebih dekat dengan Anda dan mau menjadi pembeli yang loyal.

Jika kita hanya sekedar menjuali mereka dan setelah terjadi transaksi, Anda seolah melupakan mereka, ini berpotensi Anda akan kehilangan pelanggan. Produk Anda memang ada yang beli, tapi tak punya pelanggan. Kan rugi..!?

Nah, jadi sebaiknya bangun interaksi dengan pembeli atau calon pelanggan Anda, bangun kedekatan sehingga terjalin sisi emosional antara Anda dengan konsumen. Caranya yaitu dengan mengumpulkan database mereka dalam sebuah media atau wadah. Database ini bisa berupa kontak seperti nomor telepon, WA, dan lain-lain.

Berikut 4 Media atau wadah yang baik untuk mengumpulkan database konsumen

1. WhatsApp

Salah satu media yang bisa Anda gunakan adalah WhatApp. Hampir setiap orang menggunakan aplikasi ini. Kumpulkan nomor WA customer Anda dalam sebuah group.

Jalin komunikasi dengan customer, sapa mereka dan berikan informasi-informasi yang bermanfaat.

2. Telegram

Telegram juga salah satu media yang cukup baik untuk menampung database customer Anda. Aplikasi ini mirip dengan Whatsapp, walaupun penggunanya belum sebanyak WA, tapi di Indonesia sendiri telegram ini cukup banyak diminati dan sudah cukup banyak penggunanya.

Anda bisa membuat sebuah channel di Telegram dan mengarahkan mereka untuk masuk ke channel telegram Anda. Disana Anda bisa menyapa mereka, dan berikan informasi-informasi mengenai produk Anda.

3. Line

Yang berikutnya ada Line. Aplikasi berkirim pesan yang masih sejenis dengan WA dan Telegram.

Anda bisa mengumpulkan database pelanggan dalam sebuah group line, sehinga Anda bisa berkomunikasi dua arah dengan mereka. Sapa mereka dan berikan informasi-bermanfaat, setidaknya tiga kali dalam seminggu

4. Email

Anda punya email? Saya rasa Anda pasti punya email. Sebuah media surat elektronik ini sudah ada sejak lama jauh sebelum WA, Telegram, dan Line ada.

Dulu email ini hanya digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu saja. Seiring berkembangnya jaman sekarang email sudah digunakan oleh hampir semua pengguna internet. Kadang saat kita ingin mendaftar dalam sebuah aplikasi kita membutuhkan email.

Jika kita perhatikan perusahaan-perusahaan besar selalu menggunakan email sebagai salah satu cara mereka untuk mempromosikan produk mereka. Contohnya seperti Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, dan lainya mereka selalu menggunakan email.

Nah, sebaiknya Anda juga memanfaatkan email sebagai salah satu wadah atau media untuk mengumpulkan database pelanggan Anda. Gunakan layanan email marketing seperti Getrespone atau Mailchimp agar lebih mudah melakukan broadcast pesan email Anda.

Itulah beberapa media yang bisa Anda gunakan sebagai "wadah" untuk mengumpulkan database pelanggan bisnis Anda.

Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment