FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Tips Menulis Artikel Agar Lebih SEO Friendly

Sebagai pengelola website atau blog sebaiknya kita jangan mengabaikan tentang SEO, karena dengan teknik seo yang baik lah website kita bisa bersaing dengan website-website yang lain agar mendapat peringkat yang baik di pencarian Google.

Banyak sekali teknik seo yang bisa Anda pelajari, mulai dari istilah Seo Off Page, Seo on Page, dan lain-lainya. Tapi pada artikel ini saya tidak akan membahas semuanya, karena saya bukan seorang pakar seo, Anda bisa pelajari semua itu dari ahlinya.
Tips menulis artikel agar seo friendly
Di artikel ini saya hanya akan membahas tentang satu hal yang mendasar yang harus Anda lakukan supaya peringkat website bisa meningkat, yaitu penulisan konten yang baik yang disukai Google.

Konten atau artikel adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam meningkatkan seo, karena dia adalah inti dari sebuah website. Sebelum Anda melalukan teknik-teknik seo yang lain, maka perhatikan terlebih dahulu konten Anda.

Berikut Tips Membuat Konten Yang Lebih SEO Friendly


1. Judul artikel harus terdapat kata kunci

Pertama adalah menentukan judul artikel. Pastikan pada judul artikel terdapat kata kunci yang ingin di target, karena yang pertama dirayapi oleh robot google adalah judul artikel.

Ketika seseorang mengetikan kata kunci yang mereka inginkan pada halaman pencarian google, maka google akan mencarikan informasi yang paling relevan dengan kata kunci tersebut, dan google akan merekomendasikan artikel dengan judul yang paling sesuai dengan kata kunci tersebut.

Selain di judul, kata kunci juga harus ada pada bagian link artikel dan deskripsi penelusuran.

2. Tulis informasi selengkap mungkin

Buatlah artikel yang informatif, yang memberikan informasi yang lengkap sehingga pengguna tidak perlu membuka website lain.

Jika disaat pengguna membuka artikel Anda dengan harapan bisa mendapatkan informasi yang mereka inginkan, namun ternyata isi artikel Anda tidak menjelaskan informasi secara detail atau kurang jelas, tentu pengunjung akan merasa kurang puas dan akan mencari referensi dari website yang lain.

Artikel yang lengkap bukan berarti harus membuat artikel yang panjang hingga ribuan kata. Sesuaikan dengan konten yang Anda bahas, Jika konten yang Anda bahas bisa dijelaskan dengan lebih simple tapi tetap mudah dipahami, mungkin 500 kata pun sudah cukup. Daripada memaksakan ditulis dengan ribuan kata, tapi kalimatnya banyak yang diulang-ulang tentu akan membuat pembaca tambah bingung.

3. Buat konten yang relevan dengan Keyword / Kata kunci

Ini harus Anda perhatikan, jangan sampai isi artikel Anda tidak sesuai dengan keyword dan judul artikelnya.

Memang terdengar aneh, kok bisa bikin artikel nggak sesuai dengan judul dan kata kunci?

Ya, tapi sayangnya ini masih banyak ditemukan, tujuannya adalah hanya sekedar untuk mendapatkan klik saja, mereka tak peduli apa yang diinginkan oleh pengunjung.

Biasanya pengunjung akan segera menutup website tersebut setelah mereka tahu bahwa artikelnya tidak sesuai. Dan ini akan meningkatkan bounce rate yang tinggi, sehingga bisa mengakibatkan website Anda mendapat peringkat yang jelek di Google.

Maka dari itu, konten yang Anda buat harus relevan dengan kata kunci, sehingga pembaca akan merasa bahwa telah mendapatkan informasi yang tepat.

4. Buatlah konten yang enak dilihat

Selain konten yang relevan, pastikan juga artikel yang Anda buat enak dilihat. Maksudnya, tulisannya rapi, tidak ada konten yang tertutup, pokoknya buatlah artikel yang nggak ngebosanin saat dilihat.

Sekarang coba Anda berada di posisi pengguna internet yang ingin mendapatkan informasi melalui google.

Saat Anda mengunjungi sebuah website dan mendapati artikelnya yang berantakan, ada huruf yang kecil sekali, ada yang besar sekali, dan sebagian isi artikel tertutup oleh gambar. Dan hal mengganggu lainnya.

kira-kira apakah Anda masih mau melanjutkan membaca artikel tersebut?

Kalau saya pribadi akan menutup website tersebut, dan mencari informasi di website yang lain.

Hal ini juga akan membuat bounce rate yang tinggi, karena pengunjung tidak betah berada di website tersebut.

5. Buatlah konten yang nyaman dibaca

Berikutnya tentang kualitas tulisan Anda, buatlah tulisan yang nyaman dibaca yang membuat pengunjung mengalir begitu saja saat membaca konten Anda.

Beberapa tips agar tulisan nyaman saat dibaca :

  • Menulis seolah Anda sedang berbicara langsung dengan orang lain
  • Jangan terlalu sering mengulang kalimat yang sebenarnya tidak perlu
  • Gunakan huruf yang mudah dibaca, dan jangan gunakan ukuran huruf yang terlalu kecil atau yang terlalu besar
  • Dalam satu spasi sebaiknya jangan menggukanan kalimat yang terlalu panjang

6. Buat konten yang bervariasi (seperti penambahan Gambar, Video)

Membaca sebuah artikel yang isinya hanya tulisan saja akan membuat pembaca cepat bosan. Seperti yang kita tahu, rata-rata orang kebanyakan akan lebih tertarik terhadap sebuah gambar atau video daripada tulisan.

Jadi, agar pembaca merasa nyaman dan tidak cepat bosan dengan artikel kita sebaiknya tambahkan gambar yang menarik dan sesuai dengan isi konten, dan jika perlu tambahkan video yang juga berkaitan dengan isi konten.

7. Tetap perhatikan SEO On Page-nya

Seo on Page ini adalah sebuah optimasi yang dilakukan pada keseluruhan website kita, seperti penggunaan template yang baik, kecepatan website yang baik, dan segala hal yang berkaitan dengan website kita dari dalam.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membuat sebuah artikel yang memiliki kualitas yang baik.

Semoga bermanfaat..
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar