FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

7 Hal Yang Diperlukan Dalam Membangun Bisnis Online

Yang Diperlukan Dalam Membangun Bisnis Online
Bisnis online saat ini memang sangat menjanjikan, selain biaya operasional yang lebih kecil juga mampu menjangkau market yang lebih luas.

Itulah alasannya kenapa saat ini bisnis online banyak diminati oleh para pebisnis saat ini.

Jika Anda ingin mulai membangun bisnis online, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini agar bisnis online bisa berjalan dengan baik.

Lalu apa saja yang diperlukan dalam membangun bisnis online? Berikut jawabannya

1. Produk

Yang pertama kamu harus menentukan produk apa yang ingin dijual. Jika ingin menjual banyak jenis produk, Sebaiknya pilihlah produk yang saling berkaitan.

Misal menjual produk fashion muslim dengan produk utama gamis. Maka kamu juga bisa menjual jilbab, bros, dan aksesoris lainnya.

Tujuannya adalah agar brand bisnis Anda lebih mudah terbentuk dan juga lebih mudah mentarget calon konsumen.

2. Smartphone dan Laptop

Yang namanya bisnis online pasti membutuhkan smartphone ataupun laptop yang terhubung dengan internet. Ya karena memang sistem kerjanya via online jadi Anda harus mempunyai salah satu atau keduanya.

Semua kegiatan seperti mengupload produk ke website, mengecek transaksi pembelian, melayani chat customer, dll, itu dikerjakan secara online melalui smartphone atau laptop.

3. Website atau Toko Online

Yang namanya bisnis online tentunya kita juga membutuhkan toko online sebagai wadah untuk menampilkan dan mempromosikan produk kita.

Kenapa harus toko online? Kan bisa jualan via facebook dan instagram?

Dengan toko online bisnis Anda akan terkesan lebih profesional dan lebih mudah diingat oleh konsumen. Selain itu toko online juga akan memudahkan pembeli untuk mencari produk apa saja yang Anda jual dan bisa langsung membelinya.

Media sosial tetap diperlukan sebagai alat promosi, dan sebaiknya untuk transaksi diarahkan ke website atau toko online.

Toko online yang baik setidaknya mempunyai fitur-fitur sebagai berikut:

  • Menampilkan minimal 3 gambar produk agar produk bisa dilihat dari berbagai sudut
  • Menampilkan judul produk
  • Menampilkan harga produk dengan jelas
  • Mempunyai fitur chating
  • Check out otomatis
  • Terdapat pengisian form alamat pengiriman
  • Menghitung ongkos kirim otomatis
  • Sistem pembayaran otomatis (saat pembeli melakukan pembayaran, cukup mengupload bukti pembayaran di website dan pembayaran otomatis terkonfirmasi)


4. Target Market

Selanjutnya Anda juga perlu menentukan siapa target market bisnis Anda. Berapa usianya, laki-laki atau perempuan, tinggalnya dimana, pekerjaannya apa, dll.

Ini bertujuan agar Anda lebih mudah dalam memasarkan produk Anda. Dengan target market yang lebih spesifik maka akan lebih mudah dalam membuat sebuah penawaran yang lebih tertarget.

5. Customer Service

Jika bisnis Anda sudah semakin berkembang, tentu Anda tidak bisa mengerjakan semuanya sendirian. Anda harus mempunyai tim yang bisa membantu Anda, salah satunya adalah customer servis yang selalu siap melayani pelanggan bisnis Anda.

Customer servis ini perannya sangat penting. Setiap pertanyaan-pertanyaan dari konsumen harus ditanggapi dengan cepat. Seperti yang kita tahu, konsumen ingin mendapatkan informasi yang lebih cepat, jadi jangan biarkan konsumen menunggu terlalu lama.

Nah, dengan adanya customer servis maka akan sangat membantu Anda dalam melayani pelanggan Anda.

6. Tim Marketing

Dalam bisnis tidak bisa lepas dengan yang namanya marketing, karena marketing ujung tombak dari sebuah bisnis.

Jika bisnis online Anda baru saja dimulai mungkin tidak perlu menggunakan tim marketing dulu, Anda bisa pelajari dan kerjakan marketing sendiri. Ini untuk menghemat biaya di awal.

Tapi jika bisnis Anda sudah berkembang, dan sudah mulai banyak pelanggan, maka perlu mengupgrade marketing anda dengan cara merekrut tim marketing, yang nantinya akan fokus bertugas untuk melakukan promosi dan penjualan.

7. Tim Packing dan Pengiriman

Yang terakhir tentu Anda juga perlu tim yang bisa mengurus packing dan pengiriman pesanan pelanggan. Mulai dari merekap pesanan, packing, hingga mengantar ke expedisi.

Tugas ini memang sebaiknya bukan Anda sendiri yang mengerjakan, sebagai pebisnis online sebaiknya Anda fokus kepada pengembangan bisnis dan marketing.

Bayangkan saat bisnis Anda semakin besar, banyak orderan yang masuk setiap hari dan Anda masih sibuk dengan urusan packing sendiri. Tentu hal ini akan membuat Anda kehilangan fokus terhadap pengembangan bisnis.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun bisnis online.

Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat, dan silahkan di share ya...
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment