FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

8 Brand Lokal Yang Disangka Import

Seperti yang kita tahu Indonesia adalah negara berkembang, banyak sekali produk-produk lokal dan produk import yang terus bermunculan karena melihat potensi pasar di Indonesia yang sangat besar.

Namun sepertinya persepsi masyarakat masih kurang baik terhadap produk lokal, dan kebanyakan masih sangat membanggakan produk import. Padahal produk lokal sendiri tidak kalah bagus loh.

Berbicara tentang produk, tahukah Anda ternyata selama ini banyak orang yang salah mengira bahwa beberapa produk ternama ini dikira produk import, padahal asli produk Indonesia.

Jangan-jangan Anda juga salah mengira hehe...

Pernah dengar atau bahkan membeli produk dari beberapa brand berikut ini?

Dikutip dari beberapa sumber, beberapa brand berikut ini adalah produk lokal yang dikira produk import

1. CFC
Restoran ayam cepat saji milik Indonesia
Salah satu produk lokal yang disangka produk import adalah California Fried Chicken (CFC) sebuah restoran ayam cepat saji pertama yang dimiliki Indonesia.

CFC sudah didirikan sejak tahun 1983 di Jakarta oleh PT Pioneerindo Gourmet International Tbk. Pada awalnya brand CFC masih dimiliki oleh Amerika Pioneer Take Out, namun sejak tahun 1989 brand tersebut sepenuhnya milik Indonesia.

Perusahaan melepaskan diri dari usaha terwaralaba menjadi pemegang waralaba penuh yang memproduksi dan memasarkan brand produk sendiri yaitu California Fried Chicken (CFC).

2. EXCELSO
Produk kopi lokal milik Indonesia
Banyak orang mengira bahwa Excelso Coffee adalah produk import, padahal asli produk Indonesia.

Excelso adalah sebuah kafe dengan produk utamanya kopi yang diciptakan oleh PT. Santos Jaya Abadi pada waktu itu. Kopi tersebut diberi merek EXCELCO.

Kafe EXCELSO pertama dibuka pada bulan September 1991 di Plaza Indonesia, Jakarta. Dan hingga kini sudah mempunyai banyak gerai kopi di Indonesia.

3. THE EXECUTIVE
Brand fashion lokal milik Indonesia
The Executive adalah salah satu merek produk fashion baik untuk pria maupun wanita. Merek ini mulai dirintis sejak tahun 1984 dan hingga saat ini toko dari perusahaan ini sekarang berjumlah 60 toko dan lebih dari 100 counter di dalam department store.

The Executive tersedia di beberapa kota di Indonesia seperti di Bali, Balikpapan, Bandung, Banjarmasin, Batam, bekasi, Depok, Jakarta, Medan, Pontianak, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, Tangerang, dan Yogyakarta. Dengan harga yang terjangkau.

Produknya meliputi pakaian wanita seperti rok, celana panjang, blazer, dress sedangkan untuk pria seperti baju rajutan, celana panjang, blazer dan lain-lain

4. JCO
Produk donut local
Saya rasa Anda pasti tahu dengan JCO, salah satu produk utamanya adalah donat. Bahkan produk JCO ini mampu mengalahkan popularitas pendahulunya yaitu Dunkin Donut.

Masih banyak masyarakat kita yang mengira bahwa jco adalah produk dari luar, padahal ini asli produk Indonesia loh.

Kita patut berbangga dengan JCO sebagai produk lokal yang mampu bersaingan dengan produk luar negeri.

5. HOKA-HOKA BENTO
Restoran ala jepang milik Indonesia
Hoka-Hoka Bento atau yang sekarang kita kenal dengan nama HokBen adalah sebuah restoran cepat saji yang menyediakan makanan ala Jepang.

HokBen ini didirikan pada tahun 1985 di Jakarta, dibawah naungan PT. Eka Bogainti. Hingga kini HokBen telah memiliki 150 gerai di Indonesia, yang terbesar di pulau jawa, bali, dan sumatera.

6. EIGER
Brand pakaian dan perlengkapan adventure
Berikutnya ada Eiger brand dari perusahaan PT. Eigerindo Multi Produk Industri, salah satu brand asal Indonesia yang memproduksi pakaian dan peralatan rekreasi dan adventure.

Banyak orang mengira bahwa Eiger adalah produk import, padahal ini asli produk Indonesia. Perusahaan ini dirikan oleh Ronny Lukito pada tahun 1990-an, dan toko Eiger pertama dibuka pada tahun 1994 di Cihampelas, Bandung.

7. TERRY PALMER
Brand handuk lokal
Banyak yang mengira Terry Palmer merupakan brand atau merek dari luar negeri, padahal handuk tersebut asli dari Indonesia, diproduksi di Tangerang.

Terry Palmer adalah sebuah brand handuk yang dimiliki oleh PT. Indah Jaya yang berpusat di Tangerang. Perusahaan tekstil ini sudah ada sejak tahun 1962.

Handuk yang diklaim sebagai handuk paling higienis ini telah meraih sukses hingga ke mancanegara, bahkan produknya diekspor sampai ke Jepang, Australia, Amerika hingga negara-negara Eropa.

Di pasar lokal, merek ini banyak digunakan oleh hotel-hotel berbintang.

8. LEA JEANS
Brand fashion ternama milik Indonesia
Banyak orang mengira bahwa Lea Jeans adalah brand asal Amerika. Mungkin karena produk Lea Jeans ini menampilkan produk yang casual ala fashion luar negeri. Diperkuat lagi dengan kehadiran celana Jeans Lea yang sudah cukup lama di Indonesia yang telah ada sejak tahun 1970-an.

Ternyata Lea adalah salah satu brand fashion asli Indonesia yang produksinya berlokasi di Tangerang, Banten dengan nama perusahaan PT Lea Sanent.

Merek Lea Jeans pertama kali diluncurkan pada tahun 1976 yang menyediakan berbagai pakaian dengan gaya casual berbahan jeans dan lainnya.

Dulu Lea ini fokus memproduksi celana jeans, namun sekarang sudah mulai memproduksi berbagai jenis fashion.
*
Nah sudah tahu kan, bahwa Brand-brand tersebut bukan dari luar negeri
Namun Dalam Negeri .. ya, Indonesia

Banyak orang yang taunya itu merek Brand dari Luar Negeri
Dan membeli produk tersebut dengan bangganya

Semuanya Brand LOKAL, namun BRANDING nya dikerjakan sangat RAPI & PROFESIONAL yang dikesankan sebagai produk IMPORT.

Sudah seharusnya, Logo, Branding, membentuk persepsi yang diharapkan.

Nah jika Mau Brand anda naik kelas seperti mereka Maka pelajari caranya.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar