FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Apa sih AMYGDALA Itu? dan Apa Kaitannya Dengan Kesuksesan?

Apa sih Amygdala itu dan apa kaitannya dengan kesuksesan
Apa sih Amygdala Itu? dan Apa kaitannya dengan kesuksesan?

Berbicara tentang kesuksesan erat kaitannya dengan pola pikir kita. Kesuksesan tidak cukup diraih hanya dengan mengandalkan ilmu pengetahuan saja, harus ada dorongan dari dalam diri kita agar kita mampu meraih kesuksesan tersebut.


Seperti yang kita tahu banyak orang diluar sana yang memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi tapi hidupnya biasa-biasa saja, sebaliknya ada orang yang ilmu pengetahuannya terbatas tapi bisa sangat sukses.

Dalam sebuah penelitian menunjukan data bahwa sekitar 20% ilmu pengetahuan mempengaruhi kesuksesan seseorang dan 80% adalah pikiran bawah sadar yang membentuk mental dan karakter seseorang. Artinya, jika pola pikir seseorang terbentuk secara positif maka dia akan lebih mudah untuk meraih apa yang dia impikan.

Tahukah Anda bahwa di dalam otak yang sangat luar biasa ini terdapat sebuah organ bernama AMYGDALA?

Lantas, apa itu amygdala dan apa kaitannya dengan kesuksesan? Untuk lebih jelasnya, yuk simak uraiannya di bawah ini! Let’s scroll down!

Amygdala merupakan tempat dimana pusat memori otak menyimpan memori tentang segala sesuatu yang pernah terjadi. Uniknya, amygdala cenderung lebih mengingat kenangan atau memori yang terkesan tidak bermakna, baik itu kenangan pahit maupun manis.

Jika amygdala menyimpan kenangan manis, itu mungkin akan menimbulkan dampak positif bagi diri Anda. Namun jika yang terjadi sebaliknya, Anda tentu bisa bayangkan apa yang terjadi, bukan?

Kenangan atau memori buruk dapat menyebabkan trauma yang membuat Anda enggan berjuang dan berusaha untuk meraih impian sesuai harapan. Kalau sudah begini bagaimana Anda bisa sukses?

Jangan khawatir, penelitian mengungkapkan bahwa kenangan memang tidak bisa dihapus, namun persepsi Anda terhadap suatu persoalan dapat diubah.

Persepsi itulah yang dapat mengubah amygdala menjadi sumber energi positif dan mewujudkan kesuksesan.

Untuk mengatasi kecemasan yang disebabkan kenangan masa lalu, ada dua cara yang disarankan oleh ahli psikologi. “Ingatan tentu tidak akan bisa hilang, tapi persepsi bisa kita modifikasi,”

Cara yang disarankan oleh ahli psikologi adalah mengikhlaskan kejadian yang pernah dialami. Dengan begitu, seseorang bisa mengurangi persepsi negatif atau kurang baik dari peristiwa buruk itu. Dan “Tambah hal-hal positif di diri kita. Bagaimana pun, kita dalam hidup harus meng-input nilai positif di otak kita. Kalau nggak, sebaliknya nilai negatif yang akan muncul.”

Apa informasi di atas sudah cukup membantu?
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar