FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Lakukan Cara Ini Untuk Mempercepat Loading Blog Anda

Lakukan cara ini untuk mempercepat loading blog anda
Apakah website atau blog Anda loading nya lambat? Dan ingin membuatnya menjadi lebih cepat? Silahkan simak tips berikut ini supaya kecepatan loading web Anda meningkat.

Sebagai seorang pengelola website tentu kita harus memperhatikan kualitas website tersebut, mulai dari tampilan, seo, hingga kecepatan loading.

Kecepatan loading sebuah website sangat penting karena masuk dalam kategari seo dan juga pengalaman pengguna. Google sangat menyukai website dengan kecepatan loading yang tinggi sehingga kemungkinan peringkat website Anda naik akan semakin besar.

Begitu juga dengan pengalaman pengguna, ketika seseorang sedang mencari informasi di Google dan membuka sebuah website, namun ternyata website tersebut loadingnya berat, membutuhkan waktu beberapa menit hanya untuk membuka sebuah halaman. Tentu pengguna akan merasa kesal, dan kemungkinan besar mereka akan langsung menutup website tersebut dan mencari informasi di website lain. Hal ini akan mengakiabatkan bounce rate yang tinggi.

Maka dari itu Anda harus memperhatikan kecepatan loading website.

Lalu bagaimana caranya agar kecepatan website meningkat?

Silahkan ikuti beberapa tips berikut ini agar loading blog Anda menjadi lebih ringan dan kecepatan meningkat.

1. Gunakan Template Yang Ringan

Menggunakan template yang baik adalah hal yang harus dilakukan. Template juga menjadi salah satu yang mempengaruhi kecepatan loading sebuah website.

Maka dari itu pastikan terlebih dahulu apakah template yang digunakan mempunyai kecepatan yang baik, jika tidak sebaiknya ganti template.

Banyak kok template yang sudah bagus, seperti viomagz, igniplex, dan kompi ajaib.

2. Hapus Widget Yang Tidak Terlalu Penting

Menambahkan widget memang bisa menambah tampilan blog menjadi lebih berwarna, tapi jika terlalu banyak widget yang dipasang juga akan membebani blog tersebut, sehingga loading blog akan terbebani.

Sebaiknya gunakan widget seperlunya saja, pilih yang memang dirasa penting dan hapus yang tidak terlalu penting. Gunakan makasimal empat widget di sidebar saya rasa sudah sangat cukup.

3. Jangan Menggunakan Gambar Berukuran Besar

Seperti yang kita tahu menggunakan gambar dalam sebuah artikel adalah sesuatu hal yang sangat penting. Tentunya sebagai informasi tambahan dan juga agar artikel lebih bervariasi sehingga pembaca tidak mudah bosan saat membaca.

Tapi tahukah kamu, apabila gambar yang digunakan berukuran terlalu besar akan bisa membebani loading blog? karena blog akan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk menampilkan gambar.

Jadi sebaiknya gunakan gambar yang berukuran kecil saja tapi kualitasnya tetap bagus. Ukuran yang disarankan sekitar 25kb hingga 100kb.

4. Jangan Uplaod Video Langsung Dari Blog

Kadang kita ingin menambahkan video ke website atau blog untuk menambahkan informasi yang membutuhkan edukasi yang lebih. Tapi yang perlu kamu tahu adalah bahwa menambahkan video langsung dari perangkat ke website akan sangat membebani website Anda, sehingga loadingnya menjadi lambat.

Ada trik simple untuk menambahkan video ke website tanpa mengurangi kecepatan web, yaitu dengan cara menambahkan video dari youtube.

Ya, sebelum diupload ke website, sebaiknya video diupload terlebih dahulu ke youtube kemudian ambil link video dari youtube tersebut baru uplaod ke website.

5. Gunakan Script Lazy Load

Jika website atau blog Anda telah dipasang iklan Adsense tentu juga akan membuat kecepatan loading berkurang, apalagi jika ada banyak kode iklan yang dipasang, akan semakin membebani website Anda. Ini dikarenakan ada script js yang sama pada kode iklan, sehingga website membutuhkan waktu berulang kali untuk memuat kode js tersebut.

Coba perhatikan kode berikut ini :

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Itu adalah script kode js yang terdapat pada setiap kode inklan Adsense. Semakin banyak kode ini akan semakin berat loading web Anda.

Lalu bagaimana caranya supaya loadingnya tetap ringan walau banyak memasang iklan Adsense?

Pada sebagian template biasanya sudah ada yang menanam kode ini. Jika sudah ada kode tersebut, Anda hanya perlu menambahkan kode iklan tanpa kode js nya di website Anda.

Ambil kode iklan adsense hanya seperti berikut ini

<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-8909874300131736"
     data-ad-slot="9037447302"
     data-ad-format="auto"
     data-full-width-responsive="true"></ins>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Perhatikan kode iklan di atas, setiap Anda ingin menambahkan unit iklan di blog, Anda cukup mengambil script kode seperti itu saja tanpa menggunakan script js.

Tapi jika ternyata template blog Anda belum tertanam script kode js tersebut, maka Anda bisa menggunakan script lazy load Adsense.

Caranya Anda hanya perlu menambahkan kode berikut ini di atas kode </body> dipengaturan html template web Anda.

<script>


var lazyadsense=false;window.addEventListener(&quot;scroll&quot;,function(){if((document.documentElement.scrollTop!=0&amp;&amp;lazyadsense===false)||(document.body.scrollTop!=0&amp;&amp;lazyadsense===false)){(function(){var a=document.createElement(&quot;script&quot;);a.type=&quot;text/javascript&quot;;a.async=true;a.src=&quot;https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js&quot;;var b=document.getElementsByTagName(&quot;script&quot;)[0];b.parentNode.insertBefore(a,b)})();lazyadsense=true}},true);


</script>

Silahkan copy kode di atas. Selanjutnya silahkan masuk ke dasbor blog Anda, pilih Tema, lalu pilih Edit HTML, dan temukan kode </body> dan paste script lazy load tadi pas di atasnya.

Langkah selanjutnya sama dengan cara di atas tadi yaitu meletakan kode iklan adsense di blog tanpa menggunakan script js nya.

Itulah beberapa tips dan cara agar loading website menjadi lebih cepat.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar