FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
7 Faktor Yang Membuat Penjualan Meningkat Drastis

7 Faktor Yang Membuat Penjualan Meningkat Drastis

Faktor yang membuat penjualan meningkat
Dalam bisnis yang paling menentukan perkembangannya adalah penjualan produk. Semakin banyak produk terjual semakin baik. Dan tentunya juga perlu diperhatikan cashflow nya, jangan sampai penjualan produk banyak tapi uangnya nggak ada alias malah tekor. Hal ini biasanya dikarenakan marginnya terlalu kecil.

Untuk bisa meningkatkan penjualan produk, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Faktor ini sangat berperan penting dalam bisnis Anda, jangan sampai mengabaikannya.

Berikut 7 Faktor yang bisa meningkatkan penjualan secara drastis

1. Target Market yang Tepat dan Spesifik


Salah satu hal yang penting dalam jualan adalah kita harus bisa menentukan target market yang sesuai dengan produk kita, karena tidak semua konsumen cocok dan butuh produk kita.

Misalkan produk yang Anda jual adalah hijab kekinian, maka target market yang sesuai adalah para wanita muslimah berusia 18 - 30 tahun. Kan tidak mungkin Anda mentarget kepada semua wanita karena tidak semua wanita berhijab.

Anda harus benar-benar mengerti tentang produk yang Anda jual, siapa yang memebutuhkannya, dan berapa kisaran usia mereka, dimana mereka kebanyakan berkumpul, dll. Anda bisa juga melakukan riset terlebih dahulu tentang siapa target market yang tepat untuk produk Anda.

Bedakan target market dg konsumen. Semakin spesifik semakin bagus.

2. Sosial Media


Di era digital seperti saat ini, sosial media sudah menjadi seperti kehidupan kedua bagi masyarakat. Bahkan masyarakat di Indonesia menghabiskan waktunya 5-7 jam sehari menggunakan media sosial, mulai dari update status, skrolling, dan hingga mencari informasi produk-produk yang sedang meraka inginkan.

Sangat disayangkan jika Anda saat ini belum memanfaatkan sosial media sebagai alat untuk mempromosikan produk Anda. Aktifkan medsos seperti Instagarm, facebook, dan lainnya sebaik mungkin. Bikin konten bermanfaat.

3. Personal Brand


Kebanyakan dari customer akan membeli kepada orang yang dia sukai dan dianggap sebagai orang yang mengerti tentang masalah meraka.

Contoh: Seorang dokter akan lebih dipercaya oleh orang yang sedang sakit, apapun saran dari dokter mereka pasti akan mengikutinya. Karena mereka percaya bahwa dokter adalah ahli dalam bidang kesehatan.

Nah, dalam bisnis Anda juga harus menunjukan bahwa Anda adalah orang yang benar-benar mengusai atau pakar ahli di bidang tertentu. Bangun personal brand Anda yang berkaitan dengan bisnis Anda, Sharing testimoni, berikan tips sesuai produk yg kita jual. Bangun authority dengan konten yang berkualitas, berikan edukasi tentang produk Anda.

4. Copywriting


Untuk meningkatkan penjualan kita memerlukan yang namanya marketing atau teknik pemasaran yang baik. Untuk bisa membuat sebuah penawaran yang menarik maka kita harus menguasai teknik copywriting.

Apa itu copywriting? Secara sederhana, copywriting adalah teknik dalam meyampaikan sebuah penawaran ataupun cerita dalam bentuk tulisan supaya tulisan tersebut dapat dinikmati pembaca dengan nyaman.

Nah, dengan menguasai teknik ini Anda akan lebih mudah dalam menyampaikan pesan dengan baik tentang produk Anda kepada calon pelanggan, sehingga potensi meningkatkan konversi semakin tinggi.

5. Sistem Penjualan / Funelling


Orang yang kaya bukan orang yang jago jualan, tapi orang yang jago membuat sistem penjualan.

Kalau sedekar jualan semua orang bisa, tinggal gelar lapak, taruh produk, jualan, nunggu pembeli datang.

Nah, untuk bisa meningkatkan penjualan secara terukur maka diperlukan strategi funneling.

Apa itu funneling? Sederhananya, funneling adalah alur penjualan.

Mengapa dibutuhkan alur penjualan? Karena customer itu terbagi menjadi tiga macam, yaitu:

  • COLD MARKET (Mereka yang sama sekali belum tahu tentang produk Anda)
  • WARM MARKET (Mereka sudah mulai tahu, dan mulai kepo tentang produk Anda)
  • HOT MARKET (Mereka yang sudah beli, dan merasakan manfaat dari produk Anda)


Nah disini tugas funneling, yaitu merubah customer dari Cold Market menjadi Warm Market kemudian menjadi Hot Market, dan akhirnya menjadi pelanggan.

6. Bangun Team Penjualan


Salah satu cara untuk bisa meningkatkan penjualan secara dratis adalah membangun tim penjualan. Dengan tim maka potensi produk Anda terjual akan lebih banyak, karena Anda tidak bekerja sendirian, ada tim yang juga siap mempromasikan produk Anda.

Salah satunya adalah membangun reseller. Ya, reseller adalah sebuah sistem yang sangat powerfull dalam mendongkak penjualan. Banyak sekali para pebisnis yang sukses meningkatkan penjualan berkali-kali lipat dengan sistem reseller ini.

Namun Anda juga harus bisa mengelola reseller dengan baik, karena tidak jarang para pebisnis yang gagal dalam membangun bisnis dengan reseller, dikarenakan mereka tidak tahu bagaimana cara mengelolanya.

Baca Juga : 5 Tips Sukses Membangun Bisnis Dengan Reseller

7. Ilmu Langit


Ilmu langit ini adalah tentang bagaimana kita mengetuk pintu langit agar Allah ridho dengan apa yang kita lakuakan, sehingga akan dimudahkan segala urusan kita di dunia.

Ilmu langit ini juga biasa disebut dengan ilmu spiritual atau tentang hubungan kita dengan sang pencipta.

Kenapa ini penting? Ya, kita pasti tahu, sebagai orang yang beriman setiap rezeki yang kita dapatkan di dunia ini semua itu adalah pemberian dari Tuhan. Maka kita harus semakin mendekatkan diri dan memperbaiki hubungan kita dengan Tuhan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam hal ini antara lain:

  • Meluruskan Niat, jaga selalu pikiran dan perasaan agar tetap bersih.
  • Felling good, cari aktivitas yg membuat mood bagus. 
  • Bhakti sama orang tua, orang tua adalah salah satu kunci keberhasilan Anda, jika orang tua ridho maka insyaallah segala hal yang kita lakukan akan dimudahkan oleh Allah.
  • Berbuat baik kepada orang lain. 
  • Sedekah.


Itulah beberapa faktor yang bisa membuat penjualan dalam bisnis Anda meningkat, semoga tulisan yang singkat ini bermanfaat
Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment