FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
Apa Itu Otoritas dan Bagaimana Pengaruhnya Dalam Bisnis?

Apa Itu Otoritas dan Bagaimana Pengaruhnya Dalam Bisnis?

Kekuatan otoritas dalam bisnis
Pernahkah Anda melihat barang yang biasa saja laris di pasaran saat dijual oleh artis atau seleberitis? Itulah kekuatan dari AUTHORITY (otoritas).

Apa yang dimaksud dengan otoritas? Otoritas ini bisa diartikan sebagai Ahli atau bisa juga Pengaruh yang kuat pada diri seseorang, sehingga apapun yang disampaikannya, orang akan cenderung mematuhinya.

Contohnya, Dokter ahli dalam bidang kesehatan. Maka apapun saran dari dokter, pasien akan selalu mengikutinya. Karena dia percaya bahwa dokter memang mempunyai otoritas di bidang kesehatan.

Contoh lainnya adalah Artis atau Selebriti. Mereka mempunyai pengaruh yang kuat terhadap para penggemarnya. Apapun yang artis kenakan bisa menjadi tren dengan cepat di kalangan masyarat.

Baca Juga : 5 Teknik Persuasi Dalam Ilmu Copywriting

Dalam bisnis, otoritas ini bisa menjadi satu fakor yang mampu meningkatkan penjualan secara signifikan. Namun, kekuatan otoritas ini bakal percuma jika Anda tidak menemukan target market yang tepat. Terbukti, banyak bisnis artis yang sepi dan akhirnya tutup karena bisnisnya tidak sesuai dengan marketnya. Lagi-lagi, Anda harus memastikan target market Anda benar-benar tepat.

Karena otoritas ini cukup penting dalam bisnis, maka Anda juag harus mempertimbang otoritas Anda.

Bagaimana menaikan otoritas Anda sebagai penjual?

1. Lakukan Pencitraan
Tujuannya adalah meningkatkan Trust (kepercayaan) pembeli dengan cara mempercantik penampilan Anda di Sosial media. Gunakan foto dengan pose yang keren (jika perlu, gunakan hasil foto dari studio). Sering-seringlah foto dengan tokoh sesuai dengan market Anda. Terakhir, percantik desain akun sosial media Anda.

2. Jalin Hubungan
Orang suka dengan orang yang dikenal. Maka sering-sering lah Anda menjalin komunikasi dengan teman Anda di internet. Jalin interaksi dengan membalas mention-nya, Comment statusnya, Replay emailnya.

Buatlah mereka merasa dekat dengan Anda, semakin baik hubungan anda terjalin dengan market maka semakin cepat otoritas Anda naik di mata mereka.

3. Jadilah Ahli
Rajin lah dalam memberi motivasi, inspirasi dan edukasi pada market Anda sesuai dengan branding yang Anda bangun. Buatlah mereka yakin bahwa Anda mampu menjawab permasalahan mereka. Hingga suatu saat market bilang, "Kalau masalah jualan jagonya si A", "Bicara tentang fashion Ahlinya si B", "Pakarnya herbal si C".

Intinya Anda harus membangun personal image Anda sesuai yang Anda inginkan. Jika Anda ingin market memandang Anda sebagai pakar jualan, maka sering-seringlah Anda sharing dan mengedukasi mereka tentang ilmu penjulan. Sehingga terbentuk dalam benak mereka bahwa Anda memang ahli dalam jualan.

4. Endorsement
Makin kuat personal image Anda dengan minta Endorsement dari tokoh-tokoh serta testimoni dari orang-orang yang merasakan perubahan dari hasil edukasi Anda.

Cara ini sering digunakan oleh para penulis buku, dan juga para pebisnis online lainnya. Terbukti, cara ini cukup ampuh untuk membangun otoritas mereka dan sekaligus mampu mendongkrak penjualan mereka.
.
Nah itulah pengaruh otoritas dalam bisnis dan bagaimana cara membangun otoritas. Sebaiknya mulai sekarang bangunlah otoritas Anda, karena itu menjadi salah satu faktor penting dalam penjualan.

Namun, perlu diingat juga bahwa otoritas saja tidak cukup, banyak faktor-faktor lain yang menunjang keberhasilan Anda dalam bisnis, salah satu yang paling vital adalah target market yang tepat.
Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment