FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Inilah 4 Alasan Pentingnya Influencers Untuk Strategi Bisnis

Pentingnya Influencer Untuk Strategi Bisnis
Halo sahabat BlackPena!, Sering melihat beberapa selebgram atau selebriti instagram yang bolak balik mempromosikan sebuah produk di laman instagram mereka? Istilah kerennya endorsement? Kenapa ya banyak brand mau kerjasama dengan para selebgram ini untuk memasarkan produk mereka? Mari kita bahas bersama.

Di dunia serba digital ini, banyak sekali pelaku bisnis yang memanfaatkan keberadaan media sosial untuk mempromosikan barang mereka. Bukan hanya memasang iklan di media sosial, atau posting di media sosial mengenai produk yang mereka jual. Namun, mereka juga memanfaatkan keberadaan influencers, seperti selebgram, untuk memasarkan produk mereka.


Apa itu influencers dan kenapa mereka dipilih untuk strategi marketing pebisnis?

Influencer adalah orang-orang yang memiliki cukup banyak followers atau pengikut di platform media sosial dan memiliki pengaruh yg kuat bagi followersnya. Sebelumnya sudah disebutkan salah satu contohnya yaitu selebgram. Contoh lain influencers adalah youtuber, blogger, artis dan lainnya. Pengaruhnya bisa dalam banyak hal, bisa dalam hal fashion, selera makanan, tempat-tempat tongkrongan, skincare, makeup, selera lagu atau bisa juga cara berpikir.

Karena influencers ini memiliki audiens yang bisa dipengaruhi, akhirnya dijadikan salah satu peluang bagi pelaku bisnis untuk membayar influencers, dan menggunakan jasa mereka untuk memasarkan produk. Hal ini dikenal dengan istilah influencers marketing.


Dikutip dari GetCRAFT, Influencers marketing ini merupakan salah satu strategi native advertising, konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk, fungsi dan kualitas yang tak kalah baiknya dengan media advertising lain. Bahkan bisa dibilang lebih efektif dibandingkan dengan yang lain.

Baca Juga : Tips Memilih Selebgram Yang Tepat Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Kenapa influencers marketing disebut lebih efektif dibandingkan dengan media lain? Karena dengan memanfaatkan keberadaan influencers, pemilik bisnis bisa mendapatkan banyak keuntungan. Apa saja manfaat dari influencers marketing ini?

Pertama, apabila sebuah brand atau pelaku bisnis menggunakan jasa influencers, tujuan pasar mereka akan lebih tepat sasaran. Influencers biasanya memiliki ciri khas konten masing-masing.


Misalnya influencer ini adalah beauty blogger. Konten yang dia sajikan akan seputar makeup dan skincare. Karena kontennya tentang makeup dan skincare, otomatis followers dia lebih banyak beauty enthusiasts atau yang punya minat terhadap makeup dan skincare. Maka influencers ini akan lebih cocok memasarkan produk skincare atau makeup karena itu bidang yang dia minati dan penilaian dia tentang makeup dan skincare akan lebih dipercaya oleh followersnya. Therefore, target pasarnya langsung tepat ke sasaran.

Kedua, influencers ini tahu bagaimana membuat konten yang bagus dan menarik untuk followersnya. Terbukti dari banyaknya followers yang mengikuti media sosial mereka. Makanya sangat cocok bila diajak kerjasama oleh sebuah brand atau dibayar untuk memasarkan produk kita karena mereka akan menyajikan konten yang pasti disukai followersnya, termasuk konten untuk memasarkan produk. Pelaku bisnis pun tidak perlu lagi memikirkan konsep iklan harus seperti apa, tidak perlu bersusah payah menyewa fotografer/videografer untuk iklan karena influencers inilah yang nantinya akan menyediakan hal tersebut.

Ketiga, menjalankan strategi influencers marketing jauh lebih murah dibandingkan iklan di media lain. Foto, konsep iklan, video, semuanya akan dihandle oleh influencers ini. Jadi tidak perlu lagi memikirkan cost untuk fotografer, videografer, model, atau editor lagi. Memangkas biaya lain untuk mendapatkan hasil lebih. Cost yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa influencers perbandingannya 1:5 dengan hasil yang akan didapatkan. Hasil yang didapatkan bisa lima kali lipat dari yang dikeluarkan.

Keempat, influencer adalah konsumen. Ketika produk kita dicoba oleh influencers ini dan ternyata produk kita disukai oleh influencer tersebut, maka konten yang disajikan pun akan lebih otentik. Dari sudut pandang influencer yang sudah mencoba produk yang sama. Mereka akan lebih bisa menarik followersnya untuk mencoba apa yang dia coba. Pesan yang disampaikan akan lebih mengena di hati followersnya. Dibandingkan dengan pesan iklan yang disampaikan artis di iklan TV. Orang taunya artis di iklan TV ini hanyalah model yang dibayar untuk memasarkan produk sesuai dengan konsep dari pemilik produk. Hasilnya pun tidak akan se-otentik yang dihasilkan oleh influencers.

Dilansir dari Laporan Global Trust Advertising Nielsen, 83% orang lebih percaya dengan rekomendasi orang daripada dari iklan di TV, dari mulut ke mulut. Pemasaran dari mulut ke mulut, word of mouth, ternyata lebih efektif terhadap consumers’ trust dalam pembelian sebuah produk.


Salah satu strategi pemasaran word of mouth jaman sekarang itu ya dengan sosial media melalui influencers marketing ini. Dengan influencers marketing, dapat meningkatkan brand image dengan lebih efektif dan meningkatkan brand awareness konsumen. Oleh karena itu, influencers harus dipertimbangkan untuk dijadikan salah satu strategi bisnis.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar