FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Cara Import Artikel Dari Blog Lama Ke Blog Baru di Blogger

Proses import blog di platform blogger
Melakukan import konten/artikel dari blog lama/lainnya ke blog yang baru kadang memang diperlukan.

Misalkan Anda mempunyai banyak blog, namun tidak bisa mengurus semuanya dan ingin menggabungkannya menjadi satu blog saja, maka bisa menggunakan cara import konten ini.

Sebelum kita memulai ke cara memindahkan konten ini, ada baiknya Anda perlu tahu terlebih dahulu 3 hal yang utama dalam proses memimdahkan konten, yaitu: Import Content, Backup Content, dan Delete Blog. Ketiganya ini saling berkaitan.

1. Import Content
Yang dimaksud dengan import konten adalah proses memindahkan semua file konten dari blog lama ke blog baru. Sebelum melakukan import konten, semua file konten di blog lama harus didownload (backup) ke komputer Anda.

2. Back-up Content (Cadangkan Konten)
Ini adalah proses mendownload file konten blog lama untuk disimpan di komputer. Proses ini mendownload semua isi dari blog lama Anda, seperti semua artikel, halaman, dan komentar. Nantinya, file inilah yang akan diimport ke blog yang baru.

Selain itu, membackup konten Anda juga sangat penting sebagai jaga-jaga kalau saja terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap blog Anda. Seperti misalkan blog Anda tiba-tiba dihapus oleh google, atau dihack orang lain, dan hal lainnya.

Nah, dengan backup ini Anda tidak perlu khawatir kehilangan konten Anda. Anda tinggal buat blog baru, dan import file kontennya ke blog baru tersebut.

3. Delete Blog
Saya rasa Anda pasti tahu apa maksudnya kan? Ya, menghapus blog.

Kenapa blog dihapus? Karena jika Anda melakukan import konten dari blog lama ke blog yang baru, maka konten di blog yang lama masih ada. Ini akan mengakibatkan duplikat konten, dan bisa membuat nilai serf blog Anda jelek di google.

Jadi sebaiknya hapus blog lama agar tidak terjadi duplikat konten.

Baik, setelah Anda tahu tentang tiga hal utama dalam proses import konten, sekarang kita lanjutkan ke tutorialnya. Dan perlu diingat cara ini hanya berlaku untuk blog dengan platform blogger saja. Silahkan disimak ya....

Langkah-Langkah Dalam Mengimport Konten Dari Blog Lama ke Blog Baru


Pertama, silahkan Anda masuk ke dasbor blog lama, kemudia pilih menu Pengaturan > Lainnya > lalu pilih Backup Content (Cadangkan konten jika pengaturan blog Anda menggunakan bahasa Indonesia). Lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut
Mencadangkan konten untuk proses impor blog

Setelahnya ngeklik Cadangkan Konten makan akan muncul halaman pop up, silahkan klik Simpan ke Komputer. Tunggu sampai proses download (backup) selesai. Biasanya tidak lama hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Tergantung kecepatan internet dan jumlah konten di blog.

Jika proses download sudah selesai, file nya akan tersimpan di komputer Anda dengan format XML. Contoh nama filenya blog-12-22-19.xml.

Kedua, Setelah proses download selesai, selanjutnya silahkan Anda buka dasbor blog yang baru, pilih menu pengaturan > Lainnya > kemudian pilih Import Content.
Proses memindahkan konten blog

Setelah itu akan muncul halaman pop up yang menyuruh Anda untuk mencentang reCAPTCHA dan proses import konten dari komputer. Perhatikan gambar berikut.
Proses impor konten dari komputer

Silahkan centang pada kolom rechapta, dan klik import kemudian pilih file konten blog lama yang telah didownload tadi. Konten akan diimport secara otomatis, Selanjutnya tunggu proses import hingga selesai.

Catatan : Jika Anda tidak ingin mengimport semua konten secara otomatis, misalkan Anda ingin mengimport konten satu persatu secara manual, Anda tinggal hapus centang pada bagian 'Publikasikan semua postingan dan halaman yang telah diimpor secara otomatis'.

PROSES IMPORT KONTEN SELESAI...

Terakhir Anda tinggal hapus saja blog yang lama, caranya buka dasbor blog lama, pilih pengaturan > lainnya > lalu pilih Hapus Blog.

Nah, itulah cara melakukan pemindahan konten dari blog lama ke blog yang baru. Semoga bermanfaat buat kalian yang sedang ingin memindahkan kontennya.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar