FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Ikan Ini Menjadi Buruan Warga Jepang, Ini Alasannya

Ikan Sidat menjadi buruan warga Jepang
Ikan Sidat (eel Fish)
Pernah dengar ikan Sidat? 

Ikan sidat adalah salah satu jenis ikan yang kini menjadi primadona dan komoditas perikanan internasional yang makin hari makin dicari.

Pasar internasional maupun domestik untuk ikan sidat kini semakin terbuka lebar. Di pasar lokal Indonesia sendiri permintaan ikan sidat ini semakin hari semakin meningkat karena masyarakat sudah mulai tahu manfaatnya.

Bahkan beberapa negara seperti Jepang, China, Taiwan, Hongkong dan Korea menjadi negara pengonsumsi ikan sidat terbesar di dunia. Dan mereka kini mulai melirik Indonesia sebagai pemasok kebutuhan konsumsi sidat mereka. 

Nah ini bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan untuk Anda, karena harga jual ikan sidat sangat TINGGI, bisa mencapai 150 rb - 500an rb/kg. 

Tapi, Mengapa ikan Sidat menjadi primadona?

Ikan Sidat (eel fish) atau yang dalam bahasa latinnya Anguilla sp. Meiliki bentuk yang agak mirip belut. Dan orang Jepang dan orang asing pada umumnya menyebut ikan sidat dengan nama INAGI.

Saat ini ikan Sidat/Inagi telah menjadi salah satu primadona dalam komoditas perikan yang semakin hari permintaan terhadap ikan ini semakin meningkat dalam pasar internasional maupun domestik.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, beberapa negara yang paling besar konsumsi ikan sidat ini seperti Jepang, Korea, China, dan Taiwan. Dan beberapa negar tersebut saat ini mulai melirik Indonesia sebagai pemasok kebituhan konsumsi sidat mereka.

Untuk di pasar lokal sendiri permintaaan akan ikan sidat juga semakin meningkat, karena masyarakat Indonesia juga sudah mulai menggemarinya. 

Berikut beberapa alasan kenapa ikan sidat digemari banyak orang di berbagai dunia: 


Sangat Bergizi

Ikan sidak memiliki nilai gizi yang tinggi. Kandungan vitamin A ikan sidat 45 kali lipat lebih tinggi dari kandungan vitamin A susu sapi. Kandungan vitamin B1 yang terdapat pada ikan sidat setara dengan 25 kali kandungan vitamin B1 pada susu sapi. Dan Kandungan vitamin B2 yang terdapat pada ikan sidat setara dengan 5 kali lipat kandungan vitamin B2 susu sapi.


Lebih dari Salmon

Dibandingkan ikan salmon, ternyata Ikan sidat meiliki nilai gizi 2X lebih tinggi. Kandungan DHA (Decosahexaenioc Acid) pada ikan sidah sebanyak 1.337mg/ 100gm daging sidak, sedangkan pada ikan salmon sebesar 748mg/ 100gr. Untuk diketahui DHA adalah sebuah zat yang sangat penting untuk pertumbuhan pada ank.

Selain itu ikan Sidat memiliki kandungan EPA (Eicosapentaenoic Acid) sebesar 742 mg/100 gram sementara salmon hanya 492 mg/100 gram.


Meningkatkan Vitalitas

Ikan sidat mengandung banyak gizi sehingga diyakini mampu meningkatkan vitalitas pria, menambah stamina serta memperbaiki pertimbuhan, perkembangan, dan kesehatan tubuh.


Meningkatkan Kecerdasan

Seperti yang kita tahu, mengonsumsi ikan diyakini mampu meningkatkan kecerdasan otak. Mengonsumsi ikan sidat secara teratur dapat mendorong terbentuknya lemak fosfat dan perkembangan otak besar, serta bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan. 

Fakta-fakta membuktikan bahwa ibu-ibu yang pada masa kehamilan rajin mengkonsumsi ikan sidat akan melahirkan anak yang kecerdasannya di atas rata2.


Prospek Bisnis Cerah

Selain dari sisi kesehatan, Ikan sidat juga bisa menjadi potensi bisnis yang sangat menguntungkan dan prospek yang cerah. 

Membudidayakan ikan sidat juga tidak sulit. Media yang digunakan bisa menggunakan aquarium kecil, sepetak kolam, kolam terpal, dan sebagainya. Biaya produksi juga relatif rendah sementara harga jualnya sangat tinggi. Keuntungannya bisa berlipat-lipat hanya dalam waktu singkat.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Ikan itu di indonesia kira2 ada di daerah mana ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan ini sudah Mulai banyak dibudidayakan di Indonesia. Coba cek di google informasi dan lokasinya

      Delete

Post a Comment