FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

3 Alasan Memilih Bisnis Affiliate Marketing

3 Alasan Kenapa Memilih Affiliate Marketing
Jika jaman dulu ketika ingin memulai bisnis atau membuka usaha, kita membutuhkan modal yang banyak. Harus punya toko atau kantor sendiri, harus membeli stok barang terlebih dahulu untuk dijual nanti, dan biaya-biaya lainnya.

Berbeda denga jaman sekarang, saat ini banyak sekali peluang usaha yang bisa kita garap dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali, namun potensi penghasilannya cukup menggiurkan.

Contohnya adalah dengan menjadi Dropshiper dan Affiliate Marketer. Keduanya ini adalah sebuah sistem bisnis online yang sangat popular di era digital saat ini.

Banyak orang yang sudah membuktikannya, hanya dengan jadi affiliate atau dropshiper bisa menghasilkan puluhan juta setiap bulannya.

Apa bedanya Dropshiper dengan Affiliate Marketing?


Ok, kita bahas satu persatu ya...

Pertama: Dropshiper

Coba perhatikan alur penjualan dari sistem dropship berikut ini:
Sistem Dropship

Coba perhatikan sekali lagi alur diatas. Artinya produk yang dijual berada di tempat distributor, dan dropshiper mempromosikan produk yang ada di distributor dengan menggunakan foto produk yang dipromosikan secara online dengan harga yang telah disesuaikan. Untuk mendapatkan keuntungan, harga dropshiper di up dari harga distributor.

Disaat ada konsumen yang tertarik dan melakukan pembelian, maka konsumen harus melakukan transaksi pembayaran kepada dropshiper sesuai harga yang telah ditentukan. Selanjutnya kamu sebagai dropshiper melanjutkan pesanan konsumen tadi ke distributor dengan harga yang ditetapkan distributor.

Terkahir, distributor mengemas produk dan mengirimkan pesanan langsung ke alamat konsumen.

Sudah mengerti kan?

Kedua: Affiliate Marketing

Secara keseluruhan hampir sama dengan sistem dropshiper, perbedaannya Affiliate hanya mempromosikan produk saja selebihnya seperti pembayaran dan lain-lain ditangani oleh distributor atau penyedia produk.

Lebih jelasnya coba perhatikan alur sistem Affiliate berikut ini
Sistem Affiliate Marketing

Lalu pertanyaan nya, dari mana keuntungan yang didapat oleh Affiliate marketing ini, sedangkan transaksi konsumen langsung ke distributor?

Affiliate marketing ini menggunakan sistem komisi, jadi disaat kita menpromosikan link produk distributor sudah tahu bahwa produk tersebut telah dipromosikan oleh kita, maka saat terjadi penjualan distributor akan langsung mengirimkan komisi kepada Affiliate.

Jika diperhatikan sistem affiliat ini lebih sederhana dibanding dropshiper, karena sistem pembayaran yang langsung ke distributor. Jadi tidak perlu terjadi dua kali transaksi.

Walaupun sederhana, Affiliate ini membutuhkan sistem yang lebih canggih dari pada dropshiper.

Berikut 3 Alasan Kenapa Memilih Affiliate Marketing


1. Tidak Perlu Punya Produk Sendiri
Jika kita membuat produk sendiri maka modalnya akan jauh lebih besar dan resiko juga menjadi lebih besar. Saat produk tidak laku maka stok akan menumpuk dan kerugian akan semakin besar.

Berbeda dengan sistem Affiliate yang tidak perlu memiliki produk sendiri. Kita cukup menjualkan produk orang lain secara online, dan saat terjadi penjualan kita langsung dapat komisi.

2. Tidak Perlu Stok Produk Sendiri
Jika kita buka toko atau menjadi reseller maka kita harus membeli produk terlebih dahulu untuk dijadikan stok di toko baru kemudian dijual. Tentu hal ini juga membutuhkan modal yang lumayan kan.

Nah kalau Affiliate kita sama sekali tidak perlu stok barang, karena produk yang dijual akan langsung dikirim dari distributor atau penyedia produk. Jadi cukup melakukan promosi dan tunggu komisi mendarat.

3. Tidak Perlu Packing-Packing
Kalau sudah punya tim mungkin tidak jadi masalah jualan sekalian packing dan ngurus pengiriman produk.

Tapi, jika baru saja memuali usaha dan belum memiliki tim alias masih jualan sendiri tentu akan sangat repot mengurus semuanya. Melayani chat konsumen, belum lagi merekap pesanan konsumen, packing dan pergi ke kurir pengiriman, wah kan repot.

Nah dengan sistem affiliate ini kamu tidak perlu lagi ngurisin semua itu, kamu cukup melakukan promosi saja, selebihnya distributor yang mengerjakannya.

Oh ya, sistem affiliate ini dulunya lebih sering digunakan untuk penjualan produk digital seperti software, aplikasi, ebook, dll.

Tapi sekarang sistem ini sudah mulai diadaptasi untuk penjualan produk fisik, dan salah satu media yang menyediakan sistem affiliate produk fisik adalah marketplace AliExpress.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment