FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Cara Mengatasi Masalah Data Terstruktur Tidak Dapat Diurai Pada Laporan Search Console

Saya yakin saat Anda membuka artikel ini, Anda mengalami masalah yang sama dengan saya. Pasti blog atau website Anda mengalami masalah data terstruktur yang tidak dapat diurai kan? udah ngaku aja hehe...

Masalah ini memang cukup bikin pusing bagi para blogger, bagaimana tidak jika hal ini terjadi bisa berdampak buruk pada pada blog tersebut, karena tidak dapat diindeks dan akan hilang dari penelusuran google.

Kalau gitu kita jadi sia-sia kan menulis artikel kalau tidak bisa ditemukan di pencarian google. Sedangkan harapan kita sebagai blogger ingin artikel kita bisa dibaca orang di google.

Tapi, Anda tidak perlu risua karena pada artikel ini saya akan memberikan solusi bagi Anda yang sedang mengalami masalah ini. Cara ini terbukti berhasil setelah saya terapkan.

Silahkan disimak ya penjelasannya berikut ini....

Masalah data tersturktur tidak dapat diurai ini penyebabnya ada pada bagian Dekripsi Penelusuran. Biasanya ada simbol-simbol yang tidak bisa dibaca oleh mesin telusur google, seperti simbol Tanda Kutip (".."), dan simbol seperti ini '}'.

Coba perhatikan notifikasi atau pemberitahuan dari search console berikut ini
Cara mengatasi data terstruktur tidak dapat diurai
Fokus pada tulisan yang di dalam kotak merah. Disitulah masalahnya, ada tanda/ simbol di pengaturan artikel Anda yang tidak bisa terbaca oleh google. Dan masalahnya ada pada bagian deskripsi penelusuran yang menggunakan simbol-simbol tersebut.

Seperti yang terjadi pada beberapa artikel di blog BlackPena ini yang terdampak masalah data terstruktur tidak dapat diurai, ternyata benar ada simbol tanda kutip ("...") yang terdapat pada deskripsi penelusuran.

Coba perhatikan contoh deskripsi penelusuran berikut ini
Contoh deskripsi penelusuran yang tidak bisa diindeks google
Fokus pada kata "wajib". Disitu jelas terdapat simbol tanda kutip, dan itu menjadi salah satu penyebab error penguraian.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu menghapus simbol-simbol yang telah disebutkan tadi yang terdapat pada deskripsi penelusuran pada artikel blog Anda.

Setelah memastikan semua simbol tadi sudah terhapus, jangan lupa untuk mengkonfirmasi bahwa masalahnya sudah diperbaki dengan cara mengklik tombol validasi yang terdapat pada bagian notifikasi di search console.

Tunggu sampai proses validasi selesai, menurut pengalaman saya, google membutuhkan waktu hingga 3 hari untuk ngecek apakah masalah tadi sudah benar-benar diperbaiki. Jika cara diatas tadi sudah diterapkan dengan benar seharusnya validasi akan diterima oleh google.

Itulah cara mengatasi data terstruktur yang tidak dapat diurai, cukup mudah kan? Semoga penjelasan yang singkat ini bisa membantu teman-teman yang mengalami hal serupa pada blog-nya.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 komentar

Posting Komentar