FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Konsep SEO Untuk Jualan di Media Sosial

Konsep SEO untuk jualan di Media Sosial
Kali ini saya akan coba sharing tentang Konsep SEO untuk jualan di media sosial dan mesin pencarian lainnya. disini hanya sharing ya bukan mengajari karena saya juga bukan ahlinya ahli soal SEO…hehe

Oke, menurut panduanim.com SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi website di pencarian google. Dengan semakin berkembang ternyata cara itu bisa diaplikasikan ke social media seperti akun, hastag ataupun produk di marketplace untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. Atau dengan kata lain akun, hastag atau produk kita akan tampil paling atas. 

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan hasil pencarian berdasarkan rangking. Dengan mempraktekkan SEO, berarti kita menyesuaikan pencarian kita agar lebih mudah untuk dicari dan ditemukan oleh pengguna di google dan media sosial.

Apakah kamu pernah melakukan pencarian di media social misalkan cari sesuatu di Instagram, di Facebook maupun marketplace?

Misalkan mencari nama akun? Mencari produk?

Dan akhirnya muncul akun atau produk-produk yang sesuai dengan apa yang kamu ketikan.

Nah itulah gunanya SEO, untuk mempermudah dan mengoptimasi mesin pencariannya

Tugas kamu adalah mencari kata kunci (keyword) yang sering dicari untuk memudahkan mereka mencari akun/hastag/judul produk anda.

Untuk mencari keyword (kata kunci), pertama masuk ke https://keywordtool.io/ lalu ketik kan produk yang mau dijual, nanti akan muncul rekomendasai kata yang banyak dicari di google (otomatis banyak juga dicari di media social) bisa tambahkan keyword yang mengisyaratkan mereka akan beli (Buying keyword) seperti :
  • Jual
  • Agen
  • Distibutor
  • Reseller
  • Murah
  • Dll

Contoh, misalkan kamu jualan produk "Gamis Syari" dan kamu menggunakan kata kunci "gamis syari terbaru". Nah kamu bisa menambahkan kata 'jual' di awal kata tersebut, jadinya 'Jual Gamis Syari Terbaru'. Paham ya....

Baik sekarang kita lanjut ke cara menerapkannya di media sosial

1. Konsep SEO Instagram

Di instagram ada beberapa cara untuk meningkatkaan hasil pencarian, berikut beberapa kata yang bisa kamu optimasi
  • Nama Username
  • Nama Akun
  • Bio
  • Hastag

Jadi setiap poin di atas harus menggunakan keyword, Contoh nama username @Jualjilbabmurah, nama akun Jual Jilbab Murah, dan BIOnya ada kata jualjilbabinstan, jualjilbabsyari.

Lalu gunakan hastag disetiap postingan yang sesuai dengan keyword tersebut. Mudahkan?

2. Konsep SEO Facebook

Di Facebook ada beberapa cara meningkatkan hasil pencarian
  • Pencarian Halaman Facebook (Nama fanspage)
  • Facebook Marketplace (Judul produk)
  • Akun pribadi facebook (Di nama alias)

Untuk halaman facebook kamu bisa membuat beberapa halaman dengan menggunakan kata kunci (keyword) sesuai kata yang telah diriset di https://keywordtool.io/

Biasanya untuk halaman fb (fanspage) dan Instagram banyak orang menggunakan banyak akun agar semua kata kunci (keyword) ada akunnya.

Sebetulnya masih banyak teknik lainnya, tapi dengan menggunakan teknik inipun banyak yang sudah menghasilkan penjualan.

Sedangkan untuk Facebook Marketplace (FbM) yang paling penting ada pada judul produk. 

Saat kamu ingin menjual produk di FbM ini yang harus kamu perhatikan adalah judul produk nya, pastikan judul produk mengandung kata kunci yang banyak dicari dan sesuai dengan produk yang kamu jual.

Lalu bagaimana jika kamu buat akun untuk BRANDING? Saran saya buat akun baru untuk teknik ini, karena kurang cocok jika main branding menggunakan keyword.

Sip ya? Segera praktekan mudah mudahan bermanfaat

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar