FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Murah Bahkan Tak Berharga di Indonesia, Produk Ini Dijual Mahal di Luar Negeri

Produk Indonesia Yang Mahal Di Luar Negeri
Mungkin kamu tidak akan menyangka bahwa beberapa produk seperti buah-buahan dan tanaman yang ada di Indonesia bisa sangat mahal harganya kalau dijual di luar negeri, bisa berkali-kali lipat dari harga dalam negeri.

Lalu apa yang membuatnya menjadi sangat mahal? Alasannya yang utama adalah kelangkaan dan manfaat atau khasiat yang terkandung di dalamnya.

Seperti salah satu contohnya adalah buah rambutan yang dijual seharga harga US$ 1 cuma dapat 2 biji, atau sekitar 6.500 rupiah perbiji di Amerika Wow... Kalau di Indonesia harga segitu sudah dapat hampir seikat tuh.

Berikut beberapa produk yang Murah di Indonesia tapi MAHAL dijual di Luar negeri.


1. Buah Rambutan
Harga Buah Rambutan di Luar Negeri

Seperti yang telah disebutkan di atas harga buah rambutan di super market di Amerika sekitar 6.500 rupiah perbiji. Gimana tuh kalau seikat.!?

Kalau di indonesia harga seikat rambutan isi sekitar 15 biji paling sekitar 10.000 rupiah. Nah kalau di Amerika berarti hampir 100.000 rupiah perikat. Mahal ya...!

Kok bisa mahal sih? Ya, karena buah rambutan sangat langka di sana, jadi wajar kalau mahal. Sedangkan di Indonesia atau daerah Asia Tenggara lainnya, buah rambutan sangat berlimpah apalagi kalau lagi musimnya.

2. Batang Pisang (Gedebog)
Harga Batang Pisang di Luar Negeri

Siapa sangka batang pisang atau yang biasa disebut gedebog bernilai jual tinggi di Amerika. Batang pisang yang sudah dipotong kecil-kecil dijual seharga US$ 5,95 perpotong atau sekitar 85.000 rupiah.

Kalau di Indonesia gebebog pisang ini seperti tak berharga, setelah pisang berbuah dan matang, pohonnya ditebang dan gedebognya dibiarkan membusuk.

Menurut sebuah penelitian ternyata gedebog pisang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, seperti kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan beberapa nutrisi lainnya.

Selain kandungan dan khasiatnya, yang membuat gedebog pisang mahal karena disana memang susah menemukan gedebog pisang, ya langka. Tidak seperti di Indonesia yang hampir disetiap daerah pasti banyak pohon pisang.

3. Daun Pisang
Harga Daun Pisang di Luar Negeri

Ternyata bukan hanya batang pisang yang mahal, tapi daun pisang ternyata juga mahal di luar negeri. Di Amerika selembar daun pisang dijual seharga US$ 1 atau sekitar 13.500 rupiah.

Bukan hanya di Amerika, bahkan di Jepang harga duan pisang jauh lebih mahal loh...

Harga selembar daun pisang di Jepang dijual seharga 2.280 Yen atau sekitar Rp 274.000,  wow....! Hal ini diketahui dari situs Amazon Jepang yang menjual daun pisang dengan harga yang lumayan mahal ini.

Kalau di Indonesia segepok daun pisang paling sekitar 5.000 - 10.000 rupiah saja.

Jadi bersukurlah kita tinggal di Indonesia ini yang hampir semua jenis tanaman dan kebutuhan ada disini, tinggal bagaimana kita menjaga dan mengelola kekayaan alam kita.

Nah gimana, setelah tau mahalnya harga daun pisang disana, apakah kamu berminat untuk menjual daun pisang atau rambutan keluar negeri? Hehee..

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar