FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Inilah 3 Perbedaan Fitur Telegram dengan WhatsApp Yang Paling Mencolok

Perbedaan paling mendasar Telegram dengan WA
Apakah Anda sudah tau dengan Telegram? atau mungkin Anda adalah salah satu penggunannya.

Ya, Telegram adalah sebuah aplikasi berkirim pesan yang fungsinya sama dengan Whatsapp.

Di era thn 90an telegram sudah sangat populer di Indonesia. Dulu telegram ini adalah media atau fasilitas dari kantor pos yang digunakan untuk berkirim pesan tertulis jarak jauh dengan waktu yang cepat.

Biaya yang dikenakan untuk pengiriman pesan adalah per kata, sehingga biasanya pesan yang tertulis di telegram itu singkat padat dan jelas. Ini bertujuan untuk menghindari biaya yang mahal.

Seiring berkembangnya jaman, telegram mulai terkesampingkan dengan adanya media berkirim pesan yang lebih simple dan cepat yaitu SMS. Apalagi di tahun 2000an hampir semua orang memiliki hp masing-masing.

Dan setelah sekian lama Telegram "mati suri", akhirnya pada tahun 2016 lalu telegram bangkit lagi dengan wajah baru. Berbeda dengan waktu dulu yang mana masih menggunakan fasilitas pos dan berbayar, kali ini telegram dirilis dengan versi aplikasi berkirim pesan barbasis android, iOS, windows phone, dan desktop dan juga gratis.


Tidak dipungkiri lagi, di jaman sekarang ini media berkirim pesan dengan cepat sangat di butuhkan. Terbukti dengan banyaknya orang yang menggunduh dan menggunakan aplikasi berkirim pesan seperti WA dan Telegram

Selain sekedar memudahkan kita untuk melakukan komunikasi dengan jarak jauh, media berkirim pesan juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis, seperti mengirim pesan broadcast, melayani consumen secara online, dll.

Selain whatsapp, Saat ini sudah banyak aplikasi berkirim pesan yang bisa didownload di play store, salah satunya adalah telegram yang menjadi perhatian banyak orang. Hingga saat ini telegram sudah didownload oleh lebih dari 100 juta orang di play store.

Walaupun jumlahnya masih jauh dari pengguna WA, ternyata telegram disebut-sebut sebagai pesaing terberat Whatsapp. 

Dari sisi kegunaan dan manfaat sama, yaitu untuk berkirim pesan. Tapi tahukah kamu tenyata ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok antara keduanya. Apa saja itu?

Berikut Perbedaan Yang Paling Mendasar antara Telegram dengan WA


1. Jumlah Anggota Group Chat
Perbedaan fitur group chat whatsapp dengan telegram

Dari sisi kapasitas jumlah anggota group, telegram jauh lebih banyak daripada WA. Jumlah anggota group telegram bisa menampung hingga 100.000 orang, sedangkan WA hanya sekitar 200 an saja.

Dari kapasitas jumlah group sudah jelas telegram lebih unggul karena mampu menampung jauh lebih banyak daripada WA.

Dengan adanya group akan memudahkan Anda untuk membuat sebuah ruang komunitas atau misalkan untuk membuat wadah berkumpulnya member bisnis Anda, dan lainya.

Nah, kalau kapasitas jumlah anggota group bisa menampung hingga ratusan ribu orang kan lebih enak, tidak perlu bikin group yang lain lagi.

Coba bayangkan kalo  kita punya member atau komunitas jumlahnya ada 1.000 orang misalkan. Kalau menampung pada group whatsapp maka kita perlu bikin 4-5 goup, kan agak repot ngurusnya. Kalau telegarm cukup 1 group saja.

2. Channel
Perbedaan fitur channel whatsapp dengan telegram

Telegram menyediakan fitur channel yang bisa digunakan oleh para penggunanya sedangkan WA tidak ada channel.

Jumlah audiens yang bisa ditampung pada channel telegram tidak terbatas.

Apa itu Channel telegram?

Funggsinya hampir sama seperti group yaitu untuk mengumpulkan komunitas atau member. Tapi, menggunakan sistem komunikasi satu arah, artinya hanya Anda sebagai pengurus channel yang bisa mengirim/ membagikan pesan, video, dan liannya kepada para anggota channel, yang nantinya semua orang yang mengikuti channel Anda dapat melihat pesan Anda.

Channel ini lebih cocok digunakan untuk memberikan informasi-infomasi penting yang perlu di share kapada para member agar pesan yang dikirim tidak tumpang tindih dengan pesan dari anggota lain. 

Misalnya Anda seorang pebisnis yang memiliki banyak tim reseller, dan ingin memberikan informasi penting kepada tim Anda, Anda bisa menggunakan channel untuk membroadcast pesan Anda.

3. Fitur Video Call
Perbedaan fitur video call whatsapp dengan telegram

Nah, kalau ini sudah pasti WA lebih unggul karena sangat disayangkan saat ini telegram belum memiliki fitur video call, hanya sebatas panggilan suara saja.

Padahal penggunaan video call sendiri menurut saya sangat membantu saat kita ingin berkomunikasi dengan saudara, rekan, dan keluarga sambil bertatap muka di layar hp.

Semoga kedepan telegram menambahkan fitur video call pada aplikasinya.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara telegarm dengan WA. Menurut kamu mana yang lebih baik? Dan apakah telegram mampu menyaingi whatsapp yang sampai saat ini masih merajai aplikasi berkirim pesan.

Related Posts
Ady Kusanto
Seorang bloger yang hanya nulis diwaktu senggang

Related Posts

Post a Comment