FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Question Hub Fitur Baru Blogger, Apa Fungsinya dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Fungsi Qustion Hub Pada Blogger
Sebagai seorang blogger, anda pasti pernah merasakan kehabisan ide untuk menulis konten., ya kan?

Nah jika anda sering mengalami hal ini, anda bisa memanfaatkan fitur terbaru dari google yang dibuat untuk para pembuat konten seperti anda.

Baru-baru ini google meluncurkan sebuah fitur baru untuk pengguna blogger, fitur ini bernama Question Hub. Apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya?
Notifikasi Question Hub di Blogger
Notifikasi Question di Dasbor Blogger

Fitur ini dibuat google untuk mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang diketikan oleh pengguna di pencarian google tapi tidak ditemukan konten yang paling relevan dengan pertanyaan tersebut. Mungkin memang belum ada yang membuat konten seperti yang dicari oleh pengguna, atau bisa jadi sudah ada yang membuat artikel atau kontennya tapi belum banyak dan belum terindeks oleh google.

Lalu apa manfaatnya Question Hub ini bagi blogger seperti Anda?

Fitur ini sangat berguna bagi pembuat konten, karena kita bisa menemukan ide-ide untuk membuat konten yang dibutuhkan oleh pengguna tapi belum ditemukan di google. Disinilah kita mengisi kekurangan konten tersebut, buat artikel yang sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan yang tidak terjawab di Question Hub tadi.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Caranya cukup mudah, pertama silahkan klik tombol "Daftar' pada notifikasi question hub di dasbor blog Anda. Selanjutnya anda akan diminta membuat akun dan menverifikasi email anda. Ikuti saja langkah-langkahnya.
Kategori Pertanyaan di Question Hub
Pilihan kategori dari berbagai pertanyaan di Question Hub

Setelah selesai membuat akun, Anda diminta memilih berbagai pertanyaan dari berbagai kategori yang tidak terjawab di pencarian google tadi (lihat gambar diatas). Akan ada banyak sekali pertanyaan, biasanya setiap kategori menampilkan banyak topik, pilih tambahkan topik yang anda inginkan. Masing-masing topik akan menampilkan 10 pertanyaan.
Topik dari berbagai pertanyaan di Question Hub
Contoh topik pertanyaan yang telah dipilih di Question Hub

Silahkan baca pertanyaan-pertanyaannya, dan jika ada yang bisa anda jawab silahkan anda buat artikel yang sesuai dengan pertanyaan tersebut. Anda juga akan melihat kapan terakhir pertanyaan tersebut ditanyakan, dan seberapa sering ditanyakan di pencarian google.

Setelah artikel seselai dibuat, buka lagi pertanyaan yang ingin dijawab tadi, lalu klik "jawab', dan anda akan diminta memasukan link artikel. Nah, tinggal copy aja artikel yang telah dibuat tadi dan paste kan. Selesai.

Ulangi cara diatas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Sekarang anda sudah melengkapi kekurangan konten di google, nantinya saat pengguna mencari kata kunci atau pertanyaan tadi, maka google akan merekomendasikan artikel yang telah anda buat untuk menjawab pertanyaan tadi.

Semoga pembahasan singkat tentang Question Hub ini bermanfaat buat anda. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tinggal tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya.

Related Posts
Ady Kusanto
Seorang bloger yang hanya nulis diwaktu senggang

Related Posts

Post a Comment