FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Hati-Hati...! 4 Sosok Ini Bisa Menghancurkan Bisnis Anda

4 Sosok Ini Bisa Menghancurkan Bisnis Anda
Sebagai seorang pengusaha pasti anda ingin membangun bisnis anda menjadi lebih besar, betul?

Untuk bisa mencapai semua itu tentu kita harus memiliki sistem yang baik, mulai dari planing hingga eksekusi yang tepat.

Tidak hanya itu, untuk bisa mengembangkan bisnis, anda tidak bisa bekerja sendiri. Anda butuh tim, anda butuh orang lain untuk membantu anda dalam proses pengembangan bisnis. Tapi anda juga harus tetap waspada terhadap orang-orang yang bekerja sama dengan anda, jika anda salah dalam bersikap dan teledor, bisa saja mereka akan menjadi bumerang bagi bisnis anda. Bukannya berkembang, bisa-bisa binsis anda malah hancur dibuatnya.

Orang-orang yang berpotensi bisa membantu anda dalam membangun bisnis, juga berpotensi bisa menghancurkan bisnis anda, jadi tetap waspada, jangan terlalu mudah percaya terhadap meraka. Perlakukan mereka sewajaranya saja, jangan teralu dimanja, apalagi terlalu dipercaya.

Lalu siapakan keempat sosok yang dimaksud?

Dalam bisnis setidaknya ada 4 sosok yang bisa jadi akan menghancurkan bisnis Anda jika Anda terlalu mempercayainya, mereka adalah

1. TIM
Anda membangun bisnis dengan siapa? Merekalah tim Anda. Mereka bisa jadi bermasalah dengan Anda ketika ikatan Anda dengan mereka tidak kuat. Sumber masalahnya bisa jadi karena karena hal-hal sepele, permasalahan pribadi, cinta, bagi hasil, terlalu mengandalkan salah satu bagian saja, dan terlalu memanfaatkan posisi tertentu.

2. KARYAWAN
Terkadang karyawan Anda bisa menjadi kompetitor Anda suatu saat nanti. Awalnya mungkin karena karyawan kita terlalu tahu lebih dalam tentang bisnis kita. Hingga pada akhirnya ia bisa mencari celah untuk bisa menerapkan sistem yang telah kita buat dalam bisnis barunya.

3. PARTNER BISNIS
Mereka ini adalah orang-orang di luar bisnis Anda, tapi menunjang Anda dalam proses bisnisnya. Misalnya supplyer, EO, jasa kurir, ekspedisi, dll. Jika tidak hati-hati, bisa saja mereka menipu Anda. Itu jangan sampai terjadi. Yang perlu dicatat, keberadaan partner bisnis Anda adalah untuk mempermudah kinerja bisnis kita, bukan justru sebaliknya.

4. CUSTOMER
Customer Anda bisa menipu Anda. Biasanya karena melakukan bujuk rayu untuk mengirimkan barang sesegera mungkin dengan sistem pembayaran di belakang. Hati-hati dengan tipe customer seperti ini.

Dari keempat sosok tersebut, manakah yang sudah pernah Anda alami? Pernahkah Anda tertipu oleh teman Anda dalam masalah bisnis? Pernahkah Anda kecolongan oleh karyawan Anda? Jangan sampai keempat sosok ini menghancurkan bisnis Anda yang sudah Anda impi-impikan sejak dulu.

Lalu pertanyaannya, bukan kah keempat sosok yang disebut diatas penting untuk pertumbuhan bisnis?

Saya tidak bilang itu tidak penting, bahkan keempat sosok tadi sangat penting untuk bisnis Anda. Tapi, poin yang perlu Anda ingat adalah bahwa jangan terlalu mudah percaya. Misalkan Anda punya karyawan, beri mereka batasan terhadap apa yang telah menjadi tugas mereka masing-masing saja, dan jangan pernah memberikan akses keseluruh sistem perusahaan Anda. Ini berbahaya...

Jika karyawan Anda terlalu tahu tentang sistem bisnis Anda, akan berpotensi menjadi kompetitor Anda, dan lebih parah lagi mereka bisa menipu Anda.

Nah, jadi intinya Anda harus berhati-hati, waspada, dan jangan terlalu mudah percaya terhadap orang lain.

Sumber referensi : Buku 7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment