FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Anda Dropshiper? Lakukan Tips Ini Agar Sukses Meningkatkan Penjualan

Tips Sukses Bisnis Dropship
Tips Sukses Membangun Bisnis Dropship

Dengan semakin berkembangnya teknologi seperti internet, smartphone yang semakin canggih, serta media pengiriman barang yang semakin cepat membuat pertumbuhan bisnis online di Indonesia semakin pesat.

Kalau dulu, jika ingin buka usaha harus punya toko sendiri atau sewa tempat, harus punya produk sendiri untuk dijual, yang tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Nah, kalau sekarang tidak perlu lagi seperti itu. Anda bisa memulai usaha tanpa punya toko sendiri, tidak harus punya produk sediri, fleksibel karena bisa dikerjakan dari mana saja, dan tentunya modal awal anda jauh lebih kecil.

Kok bisa? Yup, salah satunya adalah dengan menjadi Dropshiper

Dropship adalah sebuah sistem penjualan yang paling banyak diminati oleh para pebisnis online saat ini. Karena modalnya yang kecil, tidak perlu stok barang, serta tak perlu repot mengurus pengiriman, karena semua itu disediakan dan diurus oleh distributor/agen. Jadi Anda hanya fokus ke promosi saja.

Sekilas tentang sistem Dropship

Dropship adalah sebuah sistem bisnis online yang sangat membantu para pebisnis online yang tidak memiliki produk, dan tidak ingin repot mengurus packing dan pengiriman.

Perhatikan gambar berikut ini
Alur penjualan sistem dropship
Gambar by : dropshipaja.com

Begitulah sistem penjualan dropship, saat ada Customer yang membeli produk kepada Anda (dropshiper) > selanjutnya anda meneruskan pesanan customer tadi kepada supplier > dan supplier mengirimkan barang ke customer.

Keuntungan yang diperoleh dropshiper dari selilih harga dari supplier, biasanya dropshiper akan menjual dengan harga sedikit lebih mahal dari harga supplier.

Banyak orang yang telah sukses berbisnis dropship ini, ada yang bisa menghasilkan omset puluhan hingga ratusan juta rupiah setiap bulan.

Walaupun sistem dropship ini sudah sangat simple, karena anda hanya fokus pada penjualan saja. Tapi untuk bisa menghasilkan penjulan yang banyak, tidak bisa dengan asal jualan saja, ada tekniknya.

Berikut beberapa tips yang perlu anda lakukan agar bisa sukses berbisnis dropship

Pertama: Cari Supplier Yang Profesional

Ini adalah kunci utama agar anda bisa sukses sebagai dropshiper. Jika supplier anda abal-abal, tdak profesional maka akan sulit untuk berkembang. Karena dropshiper tidak menyetok barang, semua produk dan proses pengiriman di urus supplier, nah kalau supplier gak profesional, kan bisa kacau.

Misalkan mau cek stok susah harus nanya dulu ke supplier, terus sudah ditanya lama jawabnya, dan hal menjengkelkan lainnya. Tentu ini akan merepotkan anda. Jadi pastikan supplier anda benar-benar profesional dan bisa diandalkan.

Berikut kreteria supplier yang baik

  • Mempunyai alamat yang jelas
  • Mempunyai tim (seperti tim CS, tim pengiriman, dll)
  • Respon yang cepat
  • Memiliki website yang bisa untuk order dan cek stok produk
  • Selalu update jumlah stok produk di website
  • Memiliki sistem pembayaran yang lengkap (BRI, BCA, Mandiri, BNI)
  • Proses pengiriman cepat (min 1x24 jam)
  • Tidak mencantumkan nama toko dan no hp supplier di paket pengiriman
  • dll
Nah, jika suppiler anda sudah bisa diandalkan maka anda pun nyaman jualan, tinggal genjot promosi aja.


Kedua: Bangun Database Anda

Punya database Usaha, baik di WA, Instagram, Facebook dan Marketplace, ini database berupa follower, nomor kontak, data pembeli, follower di Marketplace, semakin besar database yang kita punya, ketika kita posting/ promo akan banyak yang berminat, jadi tugas kita terus naikan jumlah database, bangun 3 bulan, 4 bulan, 1 tahun, 2 tahun dan mungkin bertahun-tahun, karena omset 100jt/ bulan dimulai dari omset 100 ribuan.

Ketiga: Bangun Reputasi dan Layani Dengan Maksimal

Kedua, Bangun reputasi, yaa testimoni positif, pelayanan prima, review positf, rating bagus, ini perlu konsentrasi, ketika orang sudah beli, yakinkan bahwa pelayanan kita baik, jadi ada masalah kita harus paham tentang masalah itu, dan selesaikan segera. Misalnya pengiriman telat, cari tau kenapa telat, dan berikan alasan terbaik jika telat, jika ada salah kirim, return dan minta maaf, Setiap orang pasti melakukan kesalahan, tugas anda adalah memperbaiki dan meminimalisir kesalahan tersebut agar reputasi anda bagus.

Keempat: Usaha Lebih Banyak

Jika di Marketplace banyak yang sukses geluti benar2, jika di Facebook Marketplace juga banyak yang berhasil coba terus, Jika di FB Ads pada sukses kenapa kita ga belajar, pilih satu dulu, fokusin  dan coba yang lain

Kita yang tahu kondisi usaha kita, saya pernah gagal itu salah saya sendiri ternyata, bukan salah orang, sejatinya gagal berhasil itu tergantung usaha, ngga ada yang peduli sama diri kita, hanya kita sendiri, kalau kita malas belajar dan praktek maka hasilnya jg akan sedikit bahkan tidak ada. Usaha tidak akan menghianati hasil. Coba pelajari semua, di youtube banyak panduan, atau cari mentor untuk membimbing dan mengedukasi cara marketing, fokus mulai dari yang paling mudah aja.

Kelima: Perbaiki Pola Kerja Anda dan Pantang Menyerah

Sukses itu ada polanya, gagal pun ada polanya. Maka dari itu pelajari polanya dan perbaiki.

Dan tentunya juga harus Kerja Keras dan Pantang Menyerah.

Pelajari cara mereka sukses, ikuti jejaknya, bisa buka youtube cara sukses di marketplace, cara suskes di facebook cara sukses Jualan di Instaram. Atau kalau perlu cari mentor untuk membimbing anda.

Lalu benahi bisnis kita, fokus, luangkan waktu sehari 3 jam misalnya untuk belajar dan jualan, jika sudah full time lebih bagus, tapi jika masih sambilan luangkan 2-3 jam saja sehari untuk melakukan marketing, mereka yang berhasil biasanya lebih fokus dan jadi pekerjaan utama.

Semoga bermanfaat, praktekan….

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment