FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Tak Hanya Mi Note 10 Pro, Galaxy S20 Ultra Juga Mengusung Kamera 108 MP. Mana Yang Lebih Unggul?


Perbandingan Kamera Mi Note 10 Pro vs Galaxy S20 Ultra
Di awal tahun 2020 jagat smartphone dibikin gempar dengan kehadiran smartphone keluaran terbaru dari Xiaomi Mi Note 10 Pro yang mengusung kamera super jumbo 108 MP.

Melihat situasi ini Samsung sepertinya tak mau kalah, dan baru saja pihak samsung telah meluncurkan produk terbaru mereka yaitu Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra. Dan sudah dipasarkan secara pre order di toko Samsung Official Shop di marketplace shopee dan situs resminya dalam priode 12 - 23 februari 2020.

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Galaxy S20 Ultra karena mengusung kamera jumbo sama seperti Mi Note 10 Pro yaitu 108 MP.

Hal ini tentu membuat banyak orang penasaran dengan kualitas kameranya. Hmm... kira-kira mana yang lebih unggul ya? Kamera Mi Note 10 Pro atau Galaxy S20 Ultra?

Melansir dari laman detikNET, walaupun keduanya sama-sama mengusung kamera 108 MP ternyata ada perbedaan antara Kamera MI Note 10 Pro dengan Galaxy S20 Ultra.

Menurut seorang pengamat gadget Lucky Sebastian, keduanya sama-sama menggunakan sensor buatan samsung yaitu sensor ISOCELL BRIGHT HM1. Walau demikian ada perbedaan antara keduanya, yaitu penerapan pixel binning yang berbeda.

Xiaomi menerapkan tetracell pada kamera Mi Note 10 Pro. Tetracell Ini adalah teknologi pixel binning yang menggabungkan empat pixel menjadi satu (2x2). Alhasil ukuran pixel yang tadinya 0,8 mikron, menjadi 1,6 mikron.

Sementara di Galaxy S20 Ultra, samsung menerapkan Nonacell yang menggabungkan sembilan pixel menjadi satu (3x3). Alhasil ukuran pixel awalnya 0,8 mikron menjadi 2,4 mikron.
Perbandingan Tetracell dengan Nonacell
Source : detikNET

Ukuran 2,4 mikron ini sebelumnya belum pernah ada di smartphone. Biasanya dipakai untuk mirrorless, DSLR. Artinya samsung menjadi yang pertama menerapkannya pada smartphone Galaxy S20 Ultra.

Dengan ukuran pixel yang lebih besar, tentu cahaya yang bisa ditangkap oleh sensor itu juga lebih besar. Jadi ketika memotret di kondisi low light (pencahayaan yang rendah), hasilnya akan lebih terang.

Lalu mana yang lebih baik antara keduanya?

Karena menggunakan tetracell, Mi Note 10 Pro menghasilkan foto dengan resolusi 27 MP (108 MP dibagi 4 pixel). Sedangkan Galaxy S20 Ultra yang menggunakan nonacell menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP (108 MP dibagi 9 pixel).

"Ketika jadi 12 MP bisa multi, sekali tekan bisa mengambil beberapa foto kemudian digabungkan. Nantinya setiap pixelnya lebih bagus, lebih tidak noise dan lebih terang. Karena HDR-nya bisa main dari bawah sampai atas," jelas Lucky.

Disini kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa kamera samsung galaxy s20 ultra lebih unggul. Walaupun resolusi yang dihasilkan 12 MP tapi bisa menghasilkan foto yang lebih jernih.

Selain itu kecepatan dalam memproses hasil jepretan Galaxy S20 ultra juga lebih unggul dari Mi Note 10 Pro.

Lantaran menggunakan sensor 108 MP, jumlah datanya tentu sangat masif. Mi Note 10 Pro ditenagai Snapdragon 730G, ini juga menjadi salah satu kekurangannya. Begitu Mi Note 10 Pro memotret tidak bisa langsung memotret kembali, karena harus menunggu gambar selesai diproses.

Sedangkan Galaxy S20 Ultra ditenagai Exynos 990 yang prosesornya mempunyai kemampuan sanggup membereskan pixel segede itu. Sehingga bisa langsung jepret-jepret tanpa perlu menunggu proses gambar selesai.

Kesimpulan:

Walaupun sama-sama mengusung kamera 108 MP, ternyata Galaxy S20 Ultra sedikit lebih unggul dari Mi Note 10 Pro karena menerapkan nonacell yang membuat hasil kamera lebih jernih. Dan juga memiliki kemampuan jepretan foto tanpa jeda karena mampu memproses hasil foto dengan cepat.

Info tambahan :

Harga samsung Galaxy S20 Series
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar