FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

6 Teknik Meningkatkan Engagement Instagram

6 Tips meningkatkan engangement Instagram
Gambar oleh : pixabay
Instagram adalah salah satu media yang sangat banyak pengguna aktifnya. Di Indonesia sendiri, instagram menjadi salah satu media yang sangat diandalkan dalam jualan online. Hampir setiap pebisnis online di Indonesia memiliki akun di IG.

Hal ini tentu punya alasan kenapa mereka mengandalkan media sosial ini sebagai salah satu media jualan mereka. Salah satunya ya karena pengguna instagram sangat banyak dan cukup aktif bermedia sosial.

Terbukti banyak pebisnis online yang bisa meraup jutaan hingga ratusan juta setiap bulannya dengan hanya mengandalkan Instagram saja. Tentu tidak instan, butuh proses membangun akun bisnis mereka hingga followers nya meningkat jualan semakin laris.

Followers yang banyak saja belum tentu menjamin bisa laris jualan di instagram, ada banyak faktor lainnya yang harus diperhatikan, apakah followers tersebut benar-benar manusia atau malah bot (robot)?, apakah followers anda sudah sesuai dengan target market anda? Dan lainnya. Pikirkan itu.

Baca juga : Highlight di Instagram Tidak Muncul? Begini Cara Mengatasinya

Selain itu ada satu hal penting lagi yang perlu anda perhatikan dalam bersosial media seperti instagram, yaitu engagement.

Engagement ini adalah tingkat keterikatan dan interaksi followers anda terhadap akun instagram anda, seperti memberikan like, komen, dan share pada postingan anda.

Ini penting, semakin tinggi tingkat interaksi dan engagementnya maka postingan anda akan terus naik sehingga bisa terlihat oleh follower yang lain. Dan akun anda bisa menjadi lebih populer.

Setidaknya ada 6 hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan engagement instagam.

Apa saja itu? Yuk kita bahas satu-satu

1. Postingan yang menyentuh emosi

Kamu pasti pernah kan, saat membuka sosial media seperti di fb ataupun instagram dan menemukan sebuah postingan yang menyentuh sisi emosional.

Seperti misalkan postingan yg mengulas tentang perjuangan seorang ayah atau tentang ibu. Biasanya postingan seperti ini akan sangat cepat mendapat respon dari pengguna media sosial yang lain, seperti like, komen, dan bahkan nge-share kepada teman-teman di media sosialnya.

Contoh konten yang bisa menyentuh emosi seperti curahan, cinta, jodoh, dan orang tua.

Konten-konten tersebut selalu sukses menarik perhatian pengguna. Jadi mulai sekarang cobalah untuk membuat konten seperti ini.

2. Posting konten yg kontroversial

Sudah tidak diragukan lagi, konten yang kontroversial sangat cepat menarik perhatian dan mendapat respon dari para pengguna media sosial lainnya.

Kontroversial disini maksudnya adalah konten yang sedikit berlawanan dengan ekspektasi followers anda, sehingga bisa memancing mereka untuk mengutarakan pendapatnya. Dengan bigitu makan interaksi konten anda akan meningkat.

Contohnya : konten yang memancing soal persib dengan the jak. Konten ini biasanya sangat memancing emosi para pendudkung dan hater dan para fans nya.

3. Sertakan Call To Action yang menarik perhatian

Walaupun instagram lebih memfokuskan konten dengan visual, bukan berarti anda mengabaikan kata-kata pada postingan atau yang biasa disebut caption.

Dalam caption ini anda harus menyertakan kalimat Call To Action, atau kalimat panggilan untuk melakukan suatu tindakan. Misalkan sekedar tindakan untuk like dan komen pada postingan anda.

Contoh : kamu bisa menambahkan kata : "Like dan Tag Sahabatmu yaa.."

Call To Action ini juga bisa diterapkan pada gambar, contoh yang sering digunakan seperti "Tap 2x Digambar ya". Ini tujuan nya jelas untuk meningatkan jumlah like, sehingga engagement postingan anda naik.

4. Posting konten yang sedang tren

Sesuatu yang sedang tren akan sangat cepat viral dan tentunya akan meningkatkan interaksi terhadap konten tersebut.

Jika akun ig kamu hanya sebagai share dan update status saja, kamu bisa menggunakan konten-konten yang tren dengan tema apa saja.

Tapi jika akun IG kamu digunakan untuk jualan, saran saya carilah konten yang masih relevan dengan bisnis dan audience anda.

Kamu bisa cari konten apa yang saat ini sedang tren tapi tetap relevan dengan bisnis anda.

Misal, kamu jualan fashion muslim, kamu gak harus mencari konten fashion juga, kamu bisa menggunakan konten-konsten islami, motivasi, dll. Yang pastinya harus masih relevan dengan produk kamu.

Jangan share konten yang tidak berkaitan sama sekali atau malah bertolak belakang. Misal produk kamu fashion muslim terus kamu share konten bikini, kan gak nyambung.

5. Gunakan konten yang memancing interaksi

Sering lihat konten yang memancing rasa penasaran dan memaksa kita untuk klik love bukan? Ya, itu adalah salah satu contohnya.

Misal, ada tulisan yang menyuruh "Double Tap" atau "Tulis apa yang kamu baca". Biasanya ini adalah sebuah gambaf yang sudah diedit sedemikian rupa sehingga tulisan pada gambar tersebut tersamarkan, sehingga membuat orang penasaran untuk mencari tahu tulisan apa yang ada dibalik gambar tersebut.

Cara ini terbukti sangat ampuh dalam memancing interekasi.

6. Buatlah konten original yang khas

Pernah gak sih kamu kangen dengan tulisan yang dibuat orang tertentu? Tulisannya enak dibaca feel nya dapat dalam menjelaskan sesuatu, dst ?

Ya, itu lah kekuatan konten original, punya ciri khas dalam penyampainnya. Biasanya followersnya pun akan lebih interaktif terhadap konten-konten yang mereka buat. Karena mereka selalu selalu menunggu update dari penulis konten tersebut.

Jadi tidak heran jika konten original yang khas akan memiliki interaksi yang tinggi dan cepat viral.

Nah itulah beberap tips yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan engagement di instagram. Semoga bermanfaat.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment