FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Bisnis Yang Berpotensi Runtuh dan Menanjak Tajam Di Masa Pandemi Corona

Kalau kita perhatikan banyak sekali usaha dan perekonomian yang terdampak oleh oleh adanya wabah virus corona atau covid-19 ini. Mulai dari yang penjualan menurun hingga paling ekstrim usahanya tutup tidak bisa beroperasi.

Tapi, jika dicermati lagi setiap musibah juga akan menciptakan peluang baru lainnya. Seperti saat pandemi corona ini, penjualan masker dan disenfektan meningkat tajam.

Namun sayangnya masih ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab menimbun produk-produk yang sangat diperlukan saat pandemi ini, sehingga produk seperti masker dan disenfektan langka dipasaran dan harganya melonjak tajam hingga berkali-kali lipat dari harga normal.

Untuk orang-orang seperti ini pesan saya segera tobat. Dimana hati nurani kalian? Menumpuk barang yang sangat dibutuhkan orang dan menjualnya dengan harga yang sangat tidak wajar disaat terjadi musibah.

Kembali ke pembahasan inti dari artikel ini yaitu tentang bisnis yang berpotensi runtuh dan yang berpotensi mengalami peningkatan penjualan dalam kondisi wabah corona saat ini.

Coba perhatikan gambar berikut ini
Potensi bisnis dalam kondisi pandemi corona
Sumber : DCode
Data diatas adalah menunjukan bahwa banyak bisnis yang mengalami penurunan pendapatan, tapi juga ada yang malah mengalami peningkatan. Gambar dengan lingkaran berwarna merah menandakan bahwa bisnis pada sektor tersebut mengalami penurunan, semakin merah artinya semakin besar pula terdampak. Sedangkan gambar dengan lingkaran warna hijau adalah bisnis yang mengalami peningkatan, semakin hijau warnanya semakin tinggi pengingkatannya.

Dari data di gambar tersebut kita bisa melihat bahwa banyak bisnis yang terdampak oleh pandemi covid-19 ini. Dan yang paling parah terdampak oleh covid-19 ini adalah bisnis sektor pariwisata, dan diikuti bisnis travel (seperti penebangan dan pelayaran), serta otomotif, dst.

Sedangkan yang mengalami peningkatan paling tinggi pada sektor pasokan dan layanan medis, seperti peningkatan permintaan APD, masker, dan lainnya. Kemudian diikuti oleh bisnis dibidang pengolahan makan dan bahan mentahnya, dst. Karena dalam situasi ini orang-orang dianjurkan untuk berada di rumah maka pastinya mereka juga akan lebih sering masak di rumah, akibatnya bahan-bahan makanan seperti beras dan lainnya akan semakin banyak permintaan untuk dijadikan stok selama di rumah aja.

Nah, dengan melihat data diatas kita bisa mengambil peluang tersebut seperti misalkan menjual alat keperluan medis seperti APD, Masker dan lainnya.

Tetaplah berfikir positif walau musibah sedang melanda. Karena disetiap kejadian akan terbuka peluang-peluang yang lain.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment