FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Cara Naikin Profit Itu Sederhana, Cukup Perhatikan 2 Hal Ini Saja

Cara Menaikan Profit Dalam Bisnis
Kita semua tahu bahwa satu hal yang paling penting dalam bisnis adalah profit (pendapatan bersih) yang tinggi. Percuma juga kan kalo omset atau penjualan tinggi tapi pas dihitung-hitung profit nya kecil.

Biasanya hal ini terjadi karena ngambil untung per produk yang terlalu kecil, dan bisa juga biaya operasional yang terlalu besar sehingga profit nya habis buat nutupin biaya-biaya tersebut.

Sadarkah Anda, cara naikin profit itu sederhana banget, yaitu:

  1. Naikin Omset (Penjualan)
  2. Nurunin Cost (Pengeluaran)

Dan, kebanyakan para pengusaha hanya fokus "naikin omset" aja, dan melupakan yang nomor 2, yaitu "Menurunkan Cost" atau biaya pengeluaran.

Walaupun omset naik, tapi jika cost juga ikut naik sama aja bohong. Artinya profit tidak ikut naik hanya omset yang naik.

Nah, maka dari itu selain menaikan omset anda juga harus memikirkan bagaimana caranya supaya cost atau pengeluaran menurun.

Cost disini bermacam-macam, mulai dari biaya produksi, biaya iklan, gaji karyawan, dan lain-lain.

Nah pikirkan caranya supaya biaya pengeluaran tersebut bisa ditekan tapi tetap efektif dalam menaikan omset.

Contohnya gaji karyawan, ini adalah cost atau biaya tetap yang harus anda keluarkan setiap bulannya. Besarannya bervariasi tergantung dari UMR daerah masing-masing. Seperti di Medan misalkan UMR sebesar 2,5 juta.

Anggaplah anda punya karyawan 10 orang maka setidaknya pengeluaran anda setiap bulan untuk menggaji karyawan saja adalah 25 juta rupiah.

Apakah cost ini bisa dipangkas? Ya tidak..! Masa gaji karyawan mau dipotong? Zalim itu namanya.

Atau mengurangi karyawan? Nah, perlu perhitungkan juga disini apakah jumlah karyawan anda sudah cukup dan efektif atau malah membebani saja. Jika ternyata banyak karyawan anda yang tidak produktif, lebih banyak santainya maka anda bisa mengambil kebijakan untuk mengurangi karyawan.

Contoh lain, misal sedang membutuhkan design untuk keperluan marketing. Dan anda membutuhkan design grafis yang profesional untuk menghasilkan gambar atau video yang menarik.

Nah, jika kita merekrut orang yang ahli dibidang ini tentu bayarannya mahal. Atau menjadikannya karyawan tetap di perusahaan anda tentu hal ini juga akan menambah cost pengeluaran anda meningkat, karena harus mengeluarkan gaji lagi setiap bulannya.

Untuk mensiasati hal seperti ini anda hanya perlu membeli produknya saja, banyak sekali saat ini para design grafis yang menjual produk siap pakai, lengkap dengan tutorialnya.

Harganya produk digital sepeti ini biasanya juga relatif murah berkisar antara 300 ribuan sampai 600 ribuan saja, ini yang sering saya temui di pasaran, harganya gak jauh-jauh dari itu.

Dengan begitu anda bisa memangkas biaya pengeluaran yang jauh lebih besar kan? Yang awalnya bisa jutaan setiap bulan, dengan begitu anda cukup mengeluarkan biaya ratusan ribu saja.

Itu hanya contoh ya, intinya anda juga harus memikirkan bagaimana caranya supaya cost dalam bisnis anda bisa diturunin, tidak hanya fokus untuk meningkatkan omset. Karena seperti yang sudah disebutkan di atas tadi jika ingin meningkatkan Profit, maka Omset harus dinaikin, dan Cost harus diturunin.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment