FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Mau Jadi Pengusaha? Coba Lima Tips ini, Terutama Buat Pemula

5 Langkah Memulai Bisnis Untuk Pemula
5 Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula
Banyak orang yang ingin berbisnis tapi masih ragu untuk terjun dalam dunia bisnis, alasannya bermacam-macam ada yang terkendala dengan modal, ada yang bingung mau bisnis apa, dll.

Sebenarnya memulai bisnis itu gak perlu modal besar. Bahkan sekarang ini kamu bisa mulai bisnis atau jualan nyaris tanpa modal, contohnya adalah dropshiper dan affiliate. Kamu tinggal cari supplier yang menyediakan produk dan penjualan secara secara online, daftar sebagai dropshipernya dan kamu sudah bisa jualan secara online tanpa perlu keluar modal buat beli produknya terlebih dahulu.

Setelah tau kalau mulai bisnis itu gak perlu modal besar, timbul lagi pertanyaan berikutnya, kira-kira produk apa ya yang cocok untuk berbisnis saat ini?

Nah, untuk menjawab pertanyaan dan keraguan-keraguan yang sering menghantui orang-orang yang ingin memulai bisnis, berikut ini saya berikan beberapa tip nya agar kalian bisa langsung memulai bisnis.

Berikut beberapa tips memulai bisnis, terutama buat pemula

1. Dalam merintis bisnis jangan terlalu idealis

Jangan mikir sempurna baru jalan, tapi jalani dulu sambil terus diperbaiki. Jangan mikir harus begini, harus begitu, harus ada ini, harus ada itu baru memulai bisnis. Ini pola pikir yang tidak tetap, sebaiknya jalankan aja bisnisnya dengan peralatan yang ada, yang penting bisnisnya jalan, jualannya laku.

Apalagi jika anda masih pemula dan modalnya pas-pasan, fokus aja ke penjulan produk. Kalau keuntungan sudah mulai terkumpul baru deh mulai pikirin hal lain yang bisa membantu mengupgrade pertumbuhan bisnis.

2. Fokus saja menjual, jangan dulu memproduksi (biar hemat)

Masih banyak orang-orang berpikir bahwa untuk memulai bisnis itu harus bisa memproduksi produk sendiri. Ini salah! Bisnis itu gak harus memproduksi sendiri.

Bisnis itu lebih baik fokus ke penjualan, untuk produknya kan kita bisa nyari produsen yang memproduksi produk yang sesuai dengan kreteria bisnis kita.

Misal, anda ingin mulai bisnis jualan gamis, nah anda tinggal hubungi produsen gamis. Beli produknya lalu tinggal fokus jualan.

Baca juga : 7 Ide Bisnis Online Yang Menguntungkan

Saran saya sih ngambil produknya dari pabrik atau produsen, karena harganya lebih murah jadi bisa ngambil profit yang lebih tinggi.

3. Cari produk yang repeat ordernya cepat

Jika anda baru memulai  usaha, sebaiknya pilihlah produk yang tingkat repeat ordernya cepat. Misalnya 4 minggu, 3 minggu, atau lebih cepat. Supaya konsumen bisa beli lagi dan lagi dalam waktu cepat juga,

Hal ini bertujuan supaya perputaran uang bisa lebih cepat juga, nantinya sebagian profit dialokasikan untuk pengembangan usaha dan sisanya disisihkan untuk keperluan sehari-hari.

4. Aktif masuk ke berbagai group (nyari prosfek)

Cobalah untuk bergabung ke dalam group yang sevibrasi dengan anda, atau yang sesuai dengan bisnis anda.

Nah di group ini anda bisa sharing tentang bisnis anda, saling sapa, atau saling promosi. Tapi jangan terlalu sering promosi, sekali-sekali saja. Banyakin interaksi dengan teman group, atau berbagi tips yang bermanfaat.

5. Bangun tim penjualan

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memperbanyak tim penjualan.

Tim penjualan disini adalah orang-orang yang bersedia membantu menjual produk anda dengan sistem bagi hasil profit. Contohnya adalah reseller dan dropshiper.

Yang perlu anda perhatikan dalam membangun tim penjualan ini adalah kesiapan anda dan bisnis anda dalam melayani mereka. Misal produk anda harus siap, anda juga harus mampu membimbing mereka dalam jualan, dan lain-lain. Intinya buat mereka merasa beruntung saat bergabung menjadi tim penjualan anda. 

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam memulai bisnis. Mulai saja dulu dan terus berusaha memperbaiki kekurangannya.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment