FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Potesni Bisnis Online di Indonesia

Potensi Bisnis Online di Indonesia Saat Ini
Berbicara tentang bisnis, Indonesia adalah negara yang sangat potensial. Selain sumber daya nya yang sangat kaya, Indonesia adalah negara berkembang. Jadi pertumbuhan bisnis di Indonesia ini masih sangat baik.

Lalu bagaimana dengan bisnis online? Apakah di indonesia juga memiliki potensi yang bagus atau malah sebaliknya?

Sebelum saya menjawab pertanyaan ini, maka kita perlu mencari tahu terlebih dahulu faktor-faktornya, apakah di Indonesia ini cocok untuk bisnis online atau tidak.

Mari kita bahas...

Pertama: Faktor Teknologi

Jika kita amati, perkembangan teknologi di Indonesia yang setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan, mulai dari penggunaan internet yang meningkat, pengguna smartphone yang semakin banyak, hampir setiap orang menggunakan smartphone. Yang artinya setiap orang bisa mengakses internet kapan saja dan di mana saja.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa Indonesia memang mempunyai potensi untuk bisnis online, karena faktor pertama sudah terpenuhi yaitu orang yang berpotensi untuk melihat produk anda secara online.

Kedua: Media Online

Yang namanya bisnis online maka media yang digunakan tentunya juga berbasis online yang bisa diakses dengan internet. 

Media apa saja sih yang digunakan untuk menjalankan bisnis online? 

Ada beberapa media online yang bisa digunakan untuk bisnis online, yaitu website, media sosial (seperti facebook, instagram, whatsapp, dll)

Website fungsinya sebagai toko online, jadi website ini ibaratnya adalah toko anda untuk jualan, nantinya website inilah yang akan menjadi media bagi konsumen untuk membeli produk anda secara online.

Sedangkan media sosial digunakan sebagai media untuk mempromosikan toko online anda. 

Nah, di Indonesia sendiri media online yang diperlukan untuk bisnis online sudah sangat mumpuni. Lihat saja, banyak sekali jasa penyedia pembuatan website di Indonesia, dan juga banyaknya pengguna media sosial di Indonesia.

Jadi, faktor kedua juga sudah terpenuhi. Sekarang kita lanjut ke faktor berikutnya.

Ketiga : Ekspedisi (Jasa Kurir)

Teknology saja belum cukup untuk menunjang perkembangan bisnis online, apalagi Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Maka untuk menunjang pertumbuhan bisnis online diperlukan jasa ekspidisi yang memadai.

Jasa Kurir atau pengiriman barang adalah salah satu faktor penting dalam kelancaran bisnis online, karena pembelian secara online maka pembeli tidak datang langsung ke toko kita, artinya konsumen pesan secara online dan barang dikirim ke alamat mereka.

Nah, disini lah pentingnya jasa kurir. Tanpa adanya jasa ekspedisi yang memadai maka akan membuat kelancaran bisnis online menjadi terkendala. 

Bayangkan saja jika tidak ada ekspedisi pengiriman barang yang memadai, saat ada yang order produk anda secara online dan pastinya anda akan kesulitan untuk mengirimkan barang pesanan konsumen ke alamatnya. Apalagi jika yang order berada di luar daerah atau antar provinsi atau antar pulau, pastinya anda akan kesulitan untuk mengirimkan barangnya.

Nah, dengan adanya jasa ekspedisi akan mempermudah anda dalam mengirim barang ke konsumen.

Di Indonesia sendiri jasa ekspedisi cukup banyak dan sudah sangat memadai yang bisa mengirimkan barang dengan cepat hanya dalam 1-3 hari walaupun keluar daerah sekalipun.

Beberapa ekspedisi yang sangat memadai di Indonesia seperti JNE, POS, JNT, dan lainnya.

Nah, dengan adanya ekspedisi ini tentunya sangat membantu perkembangan bisnis online di Indonesia.

Saya rasa dengan 3 faktor yang telah disebutkan diatas, sudah cukup untuk menentukan suatu daerah yang potensial untuk bisnis online. Dan Indonesia sudah memenuhi kreteria tesebut, jadi Indonesia sangat berpotensi untuk mengembangkan bisnis online.

Terbukti dengan banyaknya bisnis online online yang berkembang dan besar di indonesia, contohnya seperti ecommers Tokopedia, Lazada, dan Shopee.

Dari data yang yang didapat dari beberapa ecommers tersebut, ada ribuan hingga jutaan barang terjual setiap harinya secara online, benar-benar sangat menggiurkan bukan bisnis online di Indonesia?

Artinya, selain faktor teknologi dan ekspedisi tadi ternyata orang Indonesia yang sangat teredukasi dan paham cara belanja online. Hal ini tentunya juga menjadi nilai tambah betapa potensialnya pasar online di Indonesia.

So, mulai sekarang mulai lah memasuki pasar online, bangun bisnis online anda dan jangkau pasar yang lebih luas.

Related Posts
Ady Kusanto
Seorang bloger yang hanya nulis diwaktu senggang

Related Posts

Post a Comment