FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5

Salah Satu Kunci Keberhasilan Bisnis Online Yang Sering Diabaikan

Sudah tahu belum, ternyata ada salah satu faktor yang sangat menunjang keberhasilan dalam bisnis online yang ternyata masih sering diabaikan, terutama oleh para pebisnis pemula? Padahal cara ini terbukti sangat manjur dalam meningkatkan penjualan produk. 

Faktor apa yang dimaksud? Silahkan simak penjelasan berikut ini.

Dalam membangun bisnis online memang sedikit berbeda dengan bisnis offline. Jika dalam bisnis offline, faktor promosi dan lokasi yang strategis menjadi salah satu faktor keberhasilan. Karena setelah customer tahu tentang bisnis anda, maka mereka akan mengunjungi lokasi anda.

Nah, kalau lokasinya tidak strategis misalkan toko anda berada di dalam gang sempit, mobil susah masuk dan hal lainnya yang membuat toko anda sulit dijangkau. Konsumen kemungkinan besar akan mengurungkan niatnya untuk ke toko anda. Yang tadinya tertarik ingin beli karena promosi, akhirnya gak jadi beli karena terkendala lokasi.

Berbeda dengan bisnis online, toko anda dapat dijangkau oleh konsumen dari mana pun selagi terhubung dengan internet.

Disini lah kelebihan bisnis online bisa menjangkau market yang lebih luas, dan potensi bisnis anda dikenal oleh banyak konsumen juga lebih besar.

Namun ada satu tantangan terbesar dalam bisnis online, yaitu membutuhkan usaha yang lebih ekstra dalam menyakinkan calon pembeli, karena mereka dihadapkan dengan sesuatu yang tidak dapat mereka lihat secara langsung, hanya bisa melihat foto produk anda dari gadget seperti hp atau laptop saja.

Pastinya keraguan dan kekhawatiran calon pembeli jauh lebih tinggi dari pada membeli langsung datang ke toko. Betul?

Untuk mengatasi ini, anda harus benar-benar harus menguasai sebuah teknik yang  mampu mampengaruhi dan membuat yakin calon pembeli anda dengan apa yang anda tawarkan, teknik ini biasa disebut teknik closing. 

Teknik ini jika dijelaskan secara rinci akan cukup panjang, lain kali saja saya akan tuliskan secara khusus di artikel berikutnya, insyaallah.

Atau anda bisa searching di google juga banyak yang menjelaskan tentang teknik closing.

Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang sesuatu yang tak kalah pentingnya dalam membangun bisnis online, sayangnya cara ini masih sering diabaikan oleh para pelaku bisnis online terutama yang pemula. Padahal teknik ini sangat powerful jika dilakukan dengan baik.

Hampir semua pebisnis online yang sukses menggunakan cara ini. Yaitu MEMBANGUN DATABASE, atau yang biasa disebut juga dengan istilah LIST BUILDING.
Faktor Penunjang Kesuksesan Bisnis Online
Database yang dimaksud adalah mengumpulkan data konsumen seperti kontak email, nomor hp atau WA, dan lainnya kedalam sebuah wadah yang nantinya calon konsumen yang sudah terkumpul dalam sebuah wadah tersebut diedukasi, membangun kedekatan dengan mereka, berbagi hal-hal yang bermanfaat agar mereka merasa dekat dengan kita, yang nantinya bisa ditawarin promo-promo tentang produk anda.

Biasanya mereka yang sudah merasa dekat dengan anda dan sudah teredukasi dengan baik tentang produk anda akan lebih mudah menerima penawaran anda, dan berpotensi besar menjadi pelanggan anda.

Hal ini sudah teruji, bandingkan saja dengan anda hanya mempromosikan produk anda di media sosial misalkan, dan ada yang membeli produk anda, kemudian setelah selesai transaksi dan barang dikirim, selesai, dan tidak ada komunikasi lagi dengan konsumen. 

Kemungkinan bisa saja nantinya mereka sudah lupa dengan anda, disaat dia ingin membeli lagi produk anda ternyata dia sudah tidak ingat nama toko anda, dan tidak tahu kontak anda.

Berbeda jika anda membangun database, kamu bisa menghubungi mereka kapan saja, dan membangun kedekatan dengan mereka, sehingga saat mereka sedang membutuhkan produk anda bisa langsung tahu kemana mereka menghubungi anda.

Itulah salah satu kunci kesuksesan bisnis online yang sering dilupakan oleh pemula, padahal jika kamu perhatikan cara ini selalu dipakai oleh para pebisnis yang sukses meningkatkan penjualan mereka.

Nah, sudah tahu kan bahwa cara ini sangat penting dalam bisnis online? jadi sebaiknya mulai sekarang cobalah untuk membangun database pelanggan anda.

Related Posts
Ady Kusanto
Seorang bloger yang hanya nulis diwaktu senggang

Related Posts

Post a Comment